Kerinduan Monita Tahalea di Nomor "Berlalu"

Monita Tahalea melanjutkan karya-karyanya di tahun ini. Di tanggal 25 Mei 2022 lalu ia kembali dengan meluncurkan karya berikutnya bertajuk “Berlalu”.  Agaknya Monita begitu intens dengan karya-karya yang dirilis. Monita mengaku setiap apa yang akan ia keluarkan betul-betul ter-filter dari gambaran apa yang ia rasa dan bayangkan. Karenanya, setiap mengeluarkan single, workshop dan diskusi selalu diberi ruang luas demi membuat karya yang terbaik.

Lewat nomor “Berlalu” ia sedang bercerita tentang kerinduan dan keputusan untuk menjadi pribadi yang berbahagia, dengan dibalut dengan musik yang terdengar “adem” dan “easy”, mengingatkan kita pada lagu-lagu Monita saat ia memulai karir bermusik.

“Kesedihan kita dalam melepaskan seseorang dapat kita sampaikan dengan hati yang ringan dan penuh pembelajaran jika hal tersebut telah berhasil kita lalui, oleh karena itu kali ini saya coba tuliskan dengan bahasa yang senyatanya.” papar Monita.

Single lagu yang cukup berbeda dengan lagu-lagu Monita di album sebelumnya, musiknya kali ini terasa “dekat” dengan balutan padu padan akustik gitar, piano dan beat “middle” yang sederhana mengiringi timbre vokal Monita yang unik.

Sepertinya pengalaman musikal Monita yang telah mencoba berbagai macam karakter musik membuatnya terasa di cukupkan dengan hadirnya single ini dengan mengedepankan pesan dan aransemen yang nggak “neko-neko”. “Up close and personal” sepertinya cocok untuk digambarkan dalam lagu ini. Pesan yang dihadirkan tentang kembalinya seseorang yang telah berlalu dengan bahasa yang lugas menjadikan siapapun yang mendengarkan mampu lekas mengerti isi dari lagu ini.

Di single ini juga Monita dibantu oleh Yosua Gian dan Agung Munthe untuk melengkapi aransemen lagu dengan begitu manis dan subtle mengiringi cerita dari lagu “Berlalu”.

“Lagu “Berlalu” ditulis oleh Bayu Risa dan Yosua Gian, proses pengerjaannya berjalan begitu natural, ada sedikit adjustment melodi yang saya lakukan, agar selaras dengan cerita yang akan saya tulis.” Ungkap Monita.

Monita pun berharap lewat karyanya kali ini dapat memberi warna baru bagi deretan single-single Monita pada khususnya dan menjadi pilhan yang unik dan manis dari lagu-lagu Indonesia pada umumnya.

Editor: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Monita Tahalea

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading