Kejutan di Usia ke-25 Tahun Jamrud

Usia bertambah adalah satu hal yang patut disyukuri sekaligus diwaspadai. Untuk alasannya, kalian semua pasti tahu betul. Pendewasaan dalam diri pun sudah pasti banyak diharapkan, apalagi bila banyak yang mengharapkan pencapaian tertentu saat umur beranjak naik. Umur yang dianggap dewasa bagi banyak orang adalah 25 tahun, di usia tersebut, sering dikaitkan dengan masa krisis, dan banyak hal yang akan banyak berubah. Begitu pula di tubuh suatu band. Yang akan merayakan umur 25 di tahun ini adalah salah satu ikon rock musik di Indonesia, mereka adalah Jamrud.

Bagi yang mengikuti mereka, pasti tahu betul kalau band ini sudah cukup lama tidak merilis sesuatu, termasuk album. Kini, untuk membuka tahun 2021 dan juga merayakan 25 tahun usia perjalanan mereka di industri musik sejak tahun 1995, dirilislah sebuah single anyar yang diberi judul “Kau Ada Untukku”. Di bawah naungan label musik bernama Logis Music, yang merupakan label rekaman baru milik Log Zhelebour.

“Lagu ini sebenarnya lagu yang sudah pernah dirilis di album “80’s” pada tahun 2017. Tapi sekitar dua minggu setelah rilis, album itu ditarik dari edaran, album digital maupun fisiknya, karena ada pergantian manajemen. Makanya kami rilis ulang dengan sound yang berbeda, dan dengan hasil mastering ulang,” jelas Aziz Mangasi Siagian, gitaris dan pendiri Jamrud.

“Mengenai album 80’s yang sejak 15 Januari 2021 dirilis ulang dengan judul “God Gave Rock N’ Roll To Me”. Selain pergantian manajemen, sebenarnya ada alasan lain album 80’s ditarik dari edaran. Judul album itu terasa kurang pas karena karakter sound rekamannya enggak bernuansa ’80-an. Ya, ’80-an ‘kan sound-nya organik karena masih serba analog. Semua take-nya harus dengan sistem todong, penempatan mikrofonnya juga harus pas, dan master rekamannya juga harus pakai pita reel yang sudah susah dicari. Kalau pun harus diakali dengan software hasilnya tetap berbeda.” Tambah Aziz.

Perilisan album ini pun juga ada bedanya, bila di album “80’s” lagu “Kau Ada Untukku” termasuk di dalamnya, beda cerita dengan di “God Gave Rock N’ Roll To Me”. Jamrud lebih memilih untuk merilis secara terpisah lagu tersebut demi merayakan usia ke-25 tahun mereka. Alasannya tentu saja, karena Jamrud selalu ada untuk para pendengar setianya di mana pun berada. Band yang terbentuk sejak tahun 1984 di Cimahi, Jawa Barat ini pada awalnya bernama Jamrock, dan dikenal luas sebagai band yang sukses mengusung musik berjenis hard rock dan heavy metal, yang mana jenis musik ini juga sangat populer di Indonesia sejak pertengahan tahun 1990-an.

Walaupun sempat ditinggalkan oleh sang vokalis (Krisyanto) beberapa saat, namun semangat bermusik mereka tak pernah padam. Lalu pada tahun 2012, Krisyanto pun kembali memperkuat Jamrud dan terus mencetak  album hingga saat ini.

Single terbaru ‘Kau Ada Untukku’ menandakan kembalinya Jamrud ke tengah masyarakat Indonesia yang telah merindukan karya-karya baru dari band pengusung musik cadas yang sangat membumi. Dan akan ada kejutan lainnya dari Jamrud di tahun 2021 ini untuk pecinta musik Indonesia dan para Jamers khususnya. Video musik ‘Kau Ada Untukku’ akan tayang di kanal YouTube Logis Music pada tanggal 11 Februari pukul 20:00 WIB. (Dharma Samyayogi)

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Logis Music

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading