Kehidupan Urban dari Kacamata Trip On Duty

Trip On Duty, unit musik rock asal Bogor mengawali kiprahnya di belantara musik Indonesia dengan merilis EP bertajuk “P/108”. Melalui karya tersebut kuintet yang digawangi oleh Alfi (vokalis), Haikal (gitaris), Teguh (gitaris), Kevien (bassis), dan Jade (drummer) ini menghadirkan lima nomor lagu yang menampilkan cerita masyarakat urban yang barangkali menjadi fenomena mereka sehari-hari.

Setidaknya ada lima lagu yang mereka sajikan di album pendek “P/108”, diantaranya ‘Who Said Love Is Pink’, ‘Cities Not Like You’, ‘Anestesi’, ‘Sinistra’, dan ‘Opresi’. Menurut Trip On Duty, kelima karya tersebut mengekspresikan cita rasa musik kreatif dari Trip on Duty yang banyak terinspirasi dari musisi dan band seperti Uncle Acid & The Death’s Door, Pantera, dan The Brandals.

Di Setiap lagu yang diciptakan pun memiliki ceritanya tersendiri namun tetap memiliki satu benang merah yang saling mengikat, yaitu urban & sosial, yang membuat “P/108” menjadi sebuah album pendek yang bisa menjangkau siapaun, baik itu penggemar musik rock maupun pendengar musik secara umum.

Album “P/108” dibuka dengan treka ‘Who Said Love Is Pink’ yang bercerita tentang masa pencarian kisah cinta yang terkadang  memunculkan langkah-langkah kompleks yang tidak dapat dideskripsikan secara gamblang. Lagu tersebut mengajak pendengar untuk memilih warna romansanya sendiri secara bebas. Lalu, ‘Cities Not Like You’ berupaya untuk mengisahkan bagaimana kehidupan percintaan tidak selalu sama dengan apa yang diceritakan oleh masyarakat, khususnya mereka yang berada dari perkotaan.

Kemudian, dilanjutkan dengan lagu ketiga yang bertajuk ‘Anestesi’ sebagai peredam rasa rindu terhadap keluarga bagi para pendengar di tengah hiruk pikuk kesibukan yang dijalani setiap harinya. Di lagu keempat, yakni ‘Sinistra’, Trip on Duty menggambarkan begitu banyaknya pemberitaan yang tak pernah usai sehingga menimbulkan berbagai akibat yang tidak diinginkan. “P/108” ditutup dengan ‘Opresi’ untuk mengingatkan pendengar bahwa setiap insan memiliki bentuk perlawanannya masing-masing, bagaimanapun rupanya.

“Kami mendedikasikan perilisan EP P/108 ini kepada para musisi yang telah menginspirasi terbentuknya Trip on Duty. Kami berharap, para penikmat musik di Indonesia bisa menikmati karya-karya kami secara seutuhnya,” ujar drummer Jade melalui siaran pers.

Di wiliayah produksi, Alfi, Kevien, dan Teguh bertugas untuk menulis lirik lagu, sedangkan Haikal dan Jade turut bertanggung jawab sebagai produser, dengan dibantu oleh Nabil. Sementara untuk proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Janari Rekords. Dan, kini semua trek yang tercantum di album pendek “P/108” sudah bisa dinikmati dipelbagai pemutar musik digital.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Trip On Duty

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading