“Kebun Terakhir” Single Pengantar Mini Album hara

Nama hara mungkin sudah tidak asing lagi di telinga penikmat musik Indonesia, proyek solo terbaru milik Rara Sekar, setelah menutup perjalanannya dengan proyek duo Banda Neira dan juga proyek trio bersama Danilla dan juga Sandrayati Fay yang tergabung dalam Daramuda. Dengan meluncurkan “Ati Bolong” yang juga sebagai penanda awal perjalanan hara, kali ini untuk melanjutkan perjalanan terbarunya hara resmi meluncurkan single yang berjudul “Kebun Terakhir”.

Single “Kebun Terakhir” selain sebagai penanda hara dalam melanjutkan perjalanan proyek solonya, single “Kebun Terakhir” juga dihadirkan sebagai pengantar untuk sebuah mini album yang akan segera diluncurkan oleh hara alam waktu dekat. Mini album yang bertajuk “Kenduri” rencananya akan dirilis pada bulan Juni mendatang.

Sekilas tentang mini album Kenduri, ada beberapa cerita menarik yang tersaji dalam mini album ini, mengenai meteri ari mini album ini nantinya akan membawa cerita tentang hobi yang lain dari hara atau Rara Sekar, yaitu berkebun. Memang dalam beberapa waktu terakhir Rara Sekar bersama dengan suaminya, Ben Laksana, terlihat disibukan dengan hobinya berkebun dan mengurus kebum mereka sendiri. Dengan upaya mencari harapan dalam situasi saat ini yang pada akhirnya Rara Sekar temukan di kebunnya adalah tema besar dari mini album Kenduri yang akan dirilisnya nanti.

Mengulas kembali tentang Rara Sekar sebelum perjalanannya dalam proyek solo sebagai hara. Rara Sekar yang awalnya tergabung dalam proyek duo-folk bersama Ananda Badudu pad atahun 2012 dan berhasil melahirkan setidaknya dua album penuh “Berjalan Lebih Jauh” pada tahun 2013 dan “Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti” pada tahun 2016, setelahnya Banda Neira memutuskan untuk bubar pada tahun 2016. Satu tahun berselang Rara Sekar tergabung dengan proyek trio bersama Danilla dan juga Sandrayati Fay dalam Daramuda Project, dan berhasil merilis album penuh berisi tujuh lagu didalamnya dengan judul “Salam Kenal” di tahun 2019, perjalanan Daramuda Project juga harus berakhir di tahun 2020. Lagu “Selamat Tinggal” menjadi persembahan terakhir yang diberikan olah Daramuda untuk para penggemarnya.

Kembali kepada single “Kebun Terakhir”, hara ingin menyampaikan tentang harapan besar tentang apa yang hara temukan di kebunnya, dan bercerita tentang harapan dalam keadaan penuh duka. “Kebun terakhir” sejatinya terinspirasi dari para petani Indonesia yang berjuang mempertahankan tanah milik mereka.

Dalam penggarapannya hara turut dibantu oleh Febrian Muhamad (Layur & Seruak) dalam hal produksi, dan Putu Deny Surya yang bertanggung jawab untuk urusan mastering, single “Kebun Terakhir” dirilis melalui label rekaman Akar Wangu Records, dan REDROSE Records untuk distribusi digitalnya, kini single “Kebun Terakhir” milk hara sudah tersebar dan sudah dapat didengarkan melalui berbagai layanan streaming musik yang tersedia.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari hara

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading