Kebangkitan L’Alphalpha

Grup band asal Jakarta, L’Alphalpha (baca: alfa-alfa) mengumumkan kebangkitannya kembali melalui sebuah single berjudul “Batas”, setelah rehat Panjang yang kurang lebih memakan waktu sampai dua tahun. Selain itu, lagu baru tersebut pun sekaligus menjadi penanda bahwa mereka telah merekrut dua personil baru.

“Dengan berubahnya format anggota grup kami, terjadi penyesuaian proses kreatif dalam segi musik. ‘Batas’ adalah lagu perdana yang melibatkan dua anggota baru kami, Dimas Wisnuwardhono pada lini gitar dan Yudhistira Haryadi pada drum”, sahut Yudishtira Mahendra, sang bassist.

Maka kini, formasi band yang terbentuk pada tahun 2006 tersebut terdiri dari of Herald Reynaldo (Vokal, Gitar), Yudishtira Mahendra (Bass), Citra winitya (Vokal, Gitar, Synthesizer), Byatriasa Pakarti Linuwih (Vokal, Piano), Purusha Irma Saraswati (Vokal, Violin), Yudhistira Haryadi (Vokals, Drum) & Dimas Wisnuwardono (Gitar).

Berbeda dengan dengan rilisan-rilisan sebelumnya, lagu “Batas” dinilai sebagai lagu dengan isian gitar yang cukup dominan. Menurut para personilnya, tembang tersebut merupakan perpaduan sound post-rock dari album pertama, When We Awake All Dreams Are Gone, dan notasi pop dari album kedua, Von Stufe Zu Stufe.

“Lagu ini tentang bagaimana saya secara personal merasakan perubahan di sekitar saya, yang belakangan menyadarkan bahwa hanya saya lah yang belum berubah. Lagu ini pun merupakan bentuk pencarian jati diri dan dorongan buat saya. Jika Kunto Aji mengajak untuk berkaca dan mengenal perasaan, lalu Hindia mengajak menerima diri, L’Alphalpha bersifat mendorong untuk maju dan lebih baik.” tulis Herald Reynaldo yang merupakan penulis dari lagu “Batas”.

Dalam proses rekaman lagu “Batas”, L’Alphalpha mengajak Pandji Dharma dari grup band noise rock Sirati Dharma untuk menjadi co-producer. Pandji dianggap sanggup untuk menerjemahkan arahan baru L’Alphalpha yang akan bernuansa indie rock. Lewat tangannya pula, tembang tersebut berhasil menyajikan komposisi gitar yang lebih dominan.

Single “Batas” sudah dapat didengarkan melalui berbagai layanan streaming musik per tanggal 13 Desember 2019.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip L’Alphaalpha

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading