Kebangkitan L’Alphalpha

Grup band asal Jakarta, L’Alphalpha (baca: alfa-alfa) mengumumkan kebangkitannya kembali melalui sebuah single berjudul “Batas”, setelah rehat Panjang yang kurang lebih memakan waktu sampai dua tahun. Selain itu, lagu baru tersebut pun sekaligus menjadi penanda bahwa mereka telah merekrut dua personil baru.

“Dengan berubahnya format anggota grup kami, terjadi penyesuaian proses kreatif dalam segi musik. ‘Batas’ adalah lagu perdana yang melibatkan dua anggota baru kami, Dimas Wisnuwardhono pada lini gitar dan Yudhistira Haryadi pada drum”, sahut Yudishtira Mahendra, sang bassist.

Maka kini, formasi band yang terbentuk pada tahun 2006 tersebut terdiri dari of Herald Reynaldo (Vokal, Gitar), Yudishtira Mahendra (Bass), Citra winitya (Vokal, Gitar, Synthesizer), Byatriasa Pakarti Linuwih (Vokal, Piano), Purusha Irma Saraswati (Vokal, Violin), Yudhistira Haryadi (Vokals, Drum) & Dimas Wisnuwardono (Gitar).

Berbeda dengan dengan rilisan-rilisan sebelumnya, lagu “Batas” dinilai sebagai lagu dengan isian gitar yang cukup dominan. Menurut para personilnya, tembang tersebut merupakan perpaduan sound post-rock dari album pertama, When We Awake All Dreams Are Gone, dan notasi pop dari album kedua, Von Stufe Zu Stufe.

“Lagu ini tentang bagaimana saya secara personal merasakan perubahan di sekitar saya, yang belakangan menyadarkan bahwa hanya saya lah yang belum berubah. Lagu ini pun merupakan bentuk pencarian jati diri dan dorongan buat saya. Jika Kunto Aji mengajak untuk berkaca dan mengenal perasaan, lalu Hindia mengajak menerima diri, L’Alphalpha bersifat mendorong untuk maju dan lebih baik.” tulis Herald Reynaldo yang merupakan penulis dari lagu “Batas”.

Dalam proses rekaman lagu “Batas”, L’Alphalpha mengajak Pandji Dharma dari grup band noise rock Sirati Dharma untuk menjadi co-producer. Pandji dianggap sanggup untuk menerjemahkan arahan baru L’Alphalpha yang akan bernuansa indie rock. Lewat tangannya pula, tembang tersebut berhasil menyajikan komposisi gitar yang lebih dominan.

Single “Batas” sudah dapat didengarkan melalui berbagai layanan streaming musik per tanggal 13 Desember 2019.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip L’Alphaalpha

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading