Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama besar kancah musik Hiphop Indonesia, yakni Tuantigabelas untuk saling bertukar rapalan di separuh lagu.

Tak bisa dipungkiri, situasi pekerjaan yang menjemukan tak jarang membuat kita semua merasa lelah. Begitupun bagi Dzulfahmi dan Tuantigabelas. Lewat “Rotasi” kedua rapper tersebut saling mencurahkan keluh kesahnya menjadi seorang pekerja di jantung ibu kota, Jakarta. Dengan pendekatan lirik dan pembawaan gayanya masing-masing, “Rotasi” terdengar tak membosankan. Terlebih dari sisi kreativitasnya dalam pemilihan flow, credence, dan rima.

Sejak awal, ketukan drum boom-bap klasik langsung menyusul keyboard dan berbagai sample musik lainnya untuk menjadi basis pondasi. Nada-nada pada lagu ini terdengar getir, seolah berusaha menangkap keluh yang ingin disampaikan sesuai tema lagu yang berbicara tentang kelas pekerja.

Komposisi yang hadir di nomor ini juga tak bisa dilepaskan dari nama Dakriss, salah satu produser musik dari Def Bloc. Nomor ini sepenuhnya diproduseri olehnya. Dakriss juga sebelumnya sempat membuat album penuh bertajuk Nirwana bersama Dzulfahmi di tahun 2017 lalu.

Dalam konteks perjalanan diskografi, “Rotasi” menjadi bagian terbaru dalam rangkaian single Dzulfahmi setelah EP Worst Manifesto (2021), setelah sebelumnya ia merilis single Tabrak Lari bersama produser Ways pada akhir 2021 lalu.

Selain dirilis dalam format audio, “Rotasi” juga dikemas ke dalam video musik yang pengerjaannya digarap sepenuhnya oleh sebuah kolektif asal Jakarta yang bergerak dalam bidang video musik, Vuturistik dikomandoi sutradara Dekoprams.

Selain pada youtube, single ini juga telah dapat diakses dan didengarkan melalui kanal-kanal streaming yang tersedia. Selamat mendengarkan!

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Def Bloc

 

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading