Kaset Langka Milik Radiohead Akan Dilelang

Radiohead adalah satu dari sedikit band yang barmula dari bangku sekolah yang mampu bertahan secara solid hingga saai ini. Sepanjang karirnya, unit yang bertemu di sekolah menengah atas Abingdon School , Oxfordshire ini telah banyak melahirkan karya yang begitu fenomenal. Belakangan tersiar kabar rekaman audio mentah yang menampilkan lagu-lagu Radiohead di awal karirnya ketika mereka masih bernama On A Friday akan dilelang. Demo lagu yang diproduksi tahun 1988 ini berisi materi lagu yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan secara masal.

Album pendek bertajuk ‘Gripe’ yang berisi enam nomor lagu ini diharapkan terjual dengan harga £ 2.000. lagu-lagu yang sebelumnya tak penah terdengar ini digadang-gadang sebagai embrio untuk eksperimentasi musik yang dihadirkan oleh Radiohead. Termasuk 3 materi lagu yang berjudul ‘Promise Me’, Boy In A Box’ dan These ‘Chains’.

Dilansir dari NME, pemilik rumah lelang Omega Auction, Paul Fairweather mengatakan bahwa trek yang terbilang mentah ini merupakan salah satu indikator tentang potensi yang dimiliki oleh Radiohead pasca melepas nama On A Friday.

“Treknya mentah tapi jelas menunjukkan potensi fantastis yang akan disadari band dalam waktu beberapa tahun” kata Paul

Sedangkan lagu yang terangkum dalam sebuah kaset pita tersebut akan dilelang secara online pada 26 Januari 2021 oleh Omega Auction dan masuk dalam kategori ‘Punk, Indie & New Wave’. Di wilayah  proses, diperkirakan lagu tersebut direkam setelah mereka meninggalkan sekolah tetapi sebelum mereka masuk ke EMI Records dan mengubah nama mereka menjadi Radiohead pada tahun 1991, sebelum Jonny Greenwood bergabung dengan kakak laki-lakinya Colin di band. Rekaman itu dikatakan sebagai “satu-satunya salinan yang ada”, sebelumnya dijual oleh Omega Auctions seharga £ 2.000 kepada seorang kolektor AS, pada tahun 2013.

Sementara untuk sampul albumnya sendiri dirancang secara khusus oleh Thom Yorke. Menampilkan visual yang didominasi oleh warna hitam dan dibubuhi dengan berbagai sketsa gambar, mulai dari matahari, bintang sampai dengan visual yang menyerupai kambing dengan warna merah. Selain itu Thom juga membubuhi sampul album tersebut dengan beberapa catatan yang ditulis tangan. Untuk deskripsi lengkapnya  kalian bisa mengaksesnya di sini.

Selintas tentang nama awal On A Friday sendiri, Thom CS mengambil nama tersebut dengan mengacu pada hari latihan mereka yang biasa dilakukan di studio musik sekolah. Personil On A Friday sendiri awalnya hanya di isi oleh Thom Yorke (gitar dan vokal), Colin Greenwood (bass), Ed O’Brien (gitar) dan Philip Selway (drum). Sekian waktu berjalan, adik dari Colin, yang tak lain adalah Jonny Greenwood turut memperkuat departemen gitar On A Friday. Debut resmi setelah mengganti nama dari On A Friday ke Radiohead sendiri adalah single berjudul ‘Creep’ yang dirilis tahun 1993 yang sukses meledak secara komersil maupun kritik.

Teks: Dicki Lukmana

Visual: Arsip dari Omega Auction

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading