Karya Seniman Roby Dwi Antono Hadir Dalam Cetak Sablon

Di bulan November lalu, sebuah galeri seni bernama Padre yang berada di kota New York berhasil menggelar sebuah pameran lukisan bertajuk “My Own Universe” yang melibatkan empat seniman internasional, salah satunya adalah perupa kontemporer asal Indonesia bernama Roby Dwi Antono. Sekian bulan berlalu, baru-baru ini Roby bekerja sama dengan studio seni Moosey Art yang berbasis di Inggris untuk merilis sebuah karya edisi terbatas yang diberi judul “Di Restoran”.

Karya visual berukuran 69 x 51 sentimeter ini menampilkan seorang gadis muda yang sedang duduk di meja dengan kelinci kaca diletakkan di atasnya. Karya ‘Di Restoran’ dibuat dengan teknik cetak saring atau sablon di atas kertas beludru Somerset dan akan beredar dalam jumlah terbatas, hanya dicetak 99 buah. Namun bagi yang tertarik  untuk membeli karya ini, kalian harus mengajukan permintaan terlebih dahulu di toko online Moosey Art.  Kemudian nantinya Moosey Art akan menghubungi langsung semua pemesan yang telah disetujui melalui e-mail pada tanggal 20 Januari 2021. Karya tersebut dibanderol dengan harga $ 544 USD atau setara 7,6 juta IDR.

“Di Restoran” / Moosey Art

“Saya senang melihat kontradiksi karakter dalam setiap subjek dalam karya seni saya, asalkan bisa menyampaikan pesan saya secara utuh. Saya pikir selalu ada dua sisi untuk semuanya, jadi biasanya saya melukis subjek yang bisa mewakili baik dan buruk, ” dikutip dari Hypebeast.

Roby dikenal karena lukisan surealisnya yang kerap menggambarkan anak kecil dan makhluk hibridisasi dengan mata yang tajam. Lukisanya sering kali disandingkan dengan latar belakang yang polos atau lingkungan alami seperti bentangan pegunungan yang membangkitkan keindahan alam di Indonesia. Sebagai seorang perupa dengan gaya surealis, Roby sangat terinspirasi oleh karya dari seniman pop surealis ternama, Mark Ryden.

“Sejak pertama kali melihat karya Mark Ryden, saya langsung tertarik. Karyanya itu yang California Brown Bear, objeknya beruang coklat yang ada di tengah-tengah hutan pinus. Sejak saat itu, saya semakin cari tahu tentang Ryden dan ternyata emang karyanya menarik, menyimpan banyak teka-teki dan misteri. Dari situ saya semakin terinspirasi dan belajar untuk melukis surealis.” ungkap Roby dikutip dari Sarasvati.co.id.

Roby Dwi Antono sendiri  adalah perupa muda asal Ambarawa, Semarang yang lahir pada 31 Oktober 1990 silam. Ia sudah mempunyai kebiasaan menggambar sejak kecil. Ketertarikannya tersebut mengantarkan Roby pada bangku pendidikan menengah kejuruan Grafika dengan peminatan Desain Grafis. Berbagai pameran pun sudah ia jajal, entah itu  di Indonesia maupun di luar negeri,semisal pameran Bazzart Art Jakarta, Art Fair Tokyo, Discover Art Fair Frankfurt-Jerman, sampai dengan pameran kelompok di galeri Padre, New York. Karya-karyanya yang lain bisa kalian lihat di sini.

Teks: Dicki Lukmana

Visual: Arsip dari Moosey Art dan Contemporary Art Curator  

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading