Karakter Shoegaze di Mini Album Perdana CAL

Usai memperkenalkan diri dengan nomor “Chemical” dan “Spending” dipermulaan tahun 2022 ini, CAL, project shoegaze dari Gilanghade akhirnya resmi melepas album mini perdananya yang bertajuk Anthracite Grey pada 20 Mei 2022 kemarin. Nama Anthracite Grey merupakan salah satu judu lagu yang tercantum di album tersebut.

Menurut Gilanghade, upaya untuk merangkum seluruh materi lagu ke dalam album mini ini merupakan suatu hal yang sudah ia pikirkan dengan matang.

“Saya sudah memikirkan semua konsep dan timeline rilisan CAL mulai dari single perdana sampai E.P perdana dengan sangat matang, aktivasi CAL selama setahun penuh sudah saya susun di timeline saya.” ujar Gilanghade.

Anthracite Grey sendiri berisi 5 nomor lagu, termasuk dua nomor yang sebelumnya sempat dirilis, yakni single perdana “Spending”, dan single kedua “Chemical”. Sementara materi teranyar lainnya adalah “Anthracite Grey” yang dikutip jadi judul E.P ini, lalu ada “Myself” yang menjadi intro/pembuka, dan “Sulfate” yang menjadi terk penutup.

Selain melepas album mini, CAL juga bakal menggelar sebuah pesta rilisan dalam pertunjukan tunggal untuk memperkenalkan materi album mininya ke khalayak lebih luas lagi. Pertunjukan tersebut bakal digelar pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 di Melanger Les Spaces yang berada di Jl. H Wasid, Bandung.

Sedikit perkenalan. CAL sendiri merupakan proyek solo alter ego dari Gilanghade. CAL dibantu oleh Vian (Bass) dari Rounder, Biman (Gitar) dari Grief, dan Jordy (Drum) dari Saint Fiction sebagai pelengkap penuh dalam formasi band.

Di awal tahun 2022, CAL merilis single debut mereka yang berjudul “Spending” dan “Chemical” sebagai perkenalan kepada publik dan titik awal aktivasi di dunia musik, kemudian CAL melanjutkan karyanya dengan merilis E.P debut yang berjudul “Anthracite Grey” yang kini sudah bisa kalian simak di berbagai kanal pemutar musik streaming.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari CAL

 

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading