Kapal Udara yang Bercerita tentang Rumah dan Hangatnya Kebersamaan dengan Teman

Tiap momen kebersamaan dengan teman ketika berkumpul bersama agaknya sangat layak untuk didokumentasikan. Bagi seorang musisi tentu mendokumentasikannya ke dalam musik menjadi suatu hal yang paling istimewa, seperti halnya yang dilakukan oleh unit musik pop asal Makassar, Kapal Udara, yang kembali merilis nomor tunggalnya yang terbaru bertajuk “Rumah Teman”.

Diceritakan lagu ini berkisah tentang pengalaman berkumpul bersama teman-teman di sebuah rumah. Kapal Udara mencoba menggambarkan suasana tersebut lewat liriknya yang deskriptif dengan dibalut musik benuansa pop yang ceria.

Ada yang sedikit berbeda dalam lagu ini. Jika kita sebelumnya mengenal Kapal Udara lewat album sebelumnya yang bercerita tentang isu sosial-budaya masyarakat, kali ini dalam lagu berdurasi lebih dari empat menit ini Kapal Udara sedang bercerita tentang aktifitas kesehariannya dan mengambil sudut pandangn yang lebih personal dan ringan untuk didengar.

Lewat lagu ini pula Kapal Udara mengabarkan bahwa single “Rumah Teman” merupakan gambaran tema yang bakal dihadirkan oleh kelompok yang kini solid diisi oleh Muhammad Ayat, Saleh Hariwibowo, Mardhan Maing, dan Bobby Pramusdi untuk album berikutnya yang bertajuk Suakajiwa.

“Rumah Teman adalah single pembuka yang sekaligus menggambarkan tema album Kapal Udara yang akan datang: Suakajiwa.” Ungkap Kapal Udara lewat siar pers.

Sedikit bocoran untuk album terbarunya tersebut, album Suakajiwa akan banyak bercerita tentang masalah emosional, serta aktivitas personal yang terlihat sepele namun sebenarnya terdapat hal besar di baliknya. Seperti yang ada di larik terakhir “Rumah Teman”:

Di balik tawa yang menggema di halaman, terpendam duka yang sungguh dalam. 

Lewat larik ini, Kapal Udara pun ingin menyampaikan bahwa “Rumah Teman” atau tongkrongan, adalah tempat pelarian orang-orang dari masalah di rumahnya masing-masing.

“Rumah Teman adalah suaka bagi kita yang “lari” dari rumah atau dari diri kita sendiri.” Lanjut Kapal Udara

Kapal Udara berharap lagu Rumah Teman bisa menjadi nyanyian pelipur lara, atau perayaan bagi orang-orang yang sedang menyamarkan duka dan lukanya saat kumpul bersama teman-teman.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Kapal Udara

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading

Single Teranyar eleventwelfth Yang Menuju Album Terbaru

eleventwelfth hanya membutuhkan satu bulan untuk merilis single terbaru yang diberi tajuk “every question i withhold, every answer you never told” setelah sebelumnya melepas “(stay here) for a while” dari...

Keep Reading