Kado dari A Curious Voynich

Kuintet post-hardcore asal Bogor bernama A Curious Voynich, merilis mini album terbaru mereka yang berjudul Orbis Alius: Season Two dalam format digital pada Rabu, 25 Desember 2020 bertepatan dengan perayaan hari Natal. EP tersebut merupakan kelanjutan dari paket maxi-single, Orbis Alius: Season One yang dirilis di gelaran Record Store Day Indonesia 2019.

Seri Orbis Alius merupakan sebuah rilisan dwilogi yang menjadi simbolisme proses transisional band dengan komposisi Gustmar Helmy (Vokal), Dito Buditrianto (Gitar/Vokal), Indra Julianto (Gitar), Rifal (Bass), dan Adith (Drums) tersebut dalam bermusik.

“Agresivitas di mini album pertama masih kami terapkan seperti di lagu “Evil Come, Eil Go”, tapi dari segi warna dan pemilihan sound akan semakin meluas” tutur Dito. Ia juga mengungkapkan kalau  perubahan dan transisi yang terjadi di dalam A Curious Voynich berjalan secara organik dalam jenjang waktu yang tidak begitu lama, “Transisinya lumayan cepat, karena kita lebih banyak melakukan sesi jamming, jadi prosesnya tidak begitu rumit”, ungkapnya.

Mini album tersebut berisi tiga buah lagu ini yang mengintegrasikan musik post-hardcore dengan corak gitar bertekstur a la 90s indie rock, agresivitas alternative metal, etos serta semangat hardcore/punk, dan lirik yang banyak bercerita tentang perasaan kehilangan dan pertanyaan terhadap perasaan tersebut kepada diri sendiri.

Gustmar mengatakan bahwa kebaruan dan semangat untuk eksplorasi merupakan formula A Curious Voynich saat ini untuk menghasilkan karya yang lebih relevan. “Memang akan terdengar melenceng, tapi kita memang sudah bersepakat untuk memperluas wilayah musikal dari ACV,” jelasnya.

Proses rekaman dari Orbis Alius: Season Two dilakukan di Amplop Records Bogor pada bulan Agustus-November 2019 dengan menggaet Yos Bonar Vokalis dan Gitaris Life Cicla/Good Enough) sebagai produser. Denis Heryanto Arham dari kolektif Gerakan Seni Rupa Bogor dan Nonplussed juga dilibatkan untuk mengerjakan artwork dari Orbis Alius: Season Two.

Selain itu, Rian Pelor (Rimauman Music) dan Pramedya Nataprawira (Agordi Club) juga turut andil untuk menulis liner notes Orbis Alius: Season Two. EP kedua yang merupakan jembatan dari peluncuran album penuh perdana A Curious Voynich pada sekitaran tahun 2020 ini dirilis secara digital oleh Hujan! Rekords dan bisa didengarkan atau diunduh melalui platform streaming musik seperti Spotify, Deezer, Joox, Apple Music, iTunes, dan Tidal.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip A Curious Voynich

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading