Kabur dari Kantor #2: Mencoba Seafood Festival di FLOOM

Ada yang pernah ke Makassar? Pastinya ada dong. Kota dengan pesona pantai dan wisata makanan ini adalah surga bagi para pecinta jalan-jalan. Lebih dari itu juga, Makassar menyimpan banyak banget harta karun yang layak untuk digali. Makassar dengan keragaman khasnya memang sangat terkenal di mana-mana. Begitu juga dari lini musiknya, banyak band bagus yang berasal dari kota ini. Sebut saja band seperti Theory of Discoustic, Kapal Udara, Loka’, Natinson dan banyak lainnya. Sebagian besar dari mereka memiliki bentuk materi bagus yang jarang dimainkan oleh band lain loh. Dari sisi musik saja kita bisa menemukan banyak musisi-musisi hebat di sana, festival besarnya pun juga ada, apalagi kalau bukan Rock In Celebes.

Festival ini muncul ke permukaan bukan tanpa sebab. Diawali dari sebuah gigs rancangan Chambers Show, hingga di 2010 Rock In Celebes hadir sebagai wadah untuk band lokal agar bisa bertemeu secara langsung dengan para pelaku industri kreatif dari luar pulau Makassar. Cara-cara seperti ini yang selalu dijaga oleh mereka. Walaupun di masa sekarang teknologi berperan penting bagi suatu band untuk berpromo, namun bentuk seperti bertemu langsung di sebuah festival terbukti masih relevan untuk dipakai.

Itu dari sisi musik, kalau kita bahas soal makanan, beuh gak bakal ada habisnya loh. Bisa dibilang, Makassar selain menawarkan wisata alam, kota ini juga menghadirkan ragam wisata makanan yang siap membuat program dietmu hancur seketika. Bagaimana tidak, setiap ruas jalan kita bisa lihat banyaknya tempat makan yang enak-enak. Mau cari olahan laut ada, mau daging-dagingan? Di sini juaranya. Yang jadi favorit tentu saja ada banyak, sebutlah makanan/minuman seperti Coto, Sop Konro, Palubasa Serigala, Jalangkote, Es Pisang Ijo, Nasi Kuning, apalagi ya? Banyak deh pokoknya yang bisa bikin gelap mata saat ke sana. Untuk tempat makan yang jadi rekomendasi, ada satu yang masih terbilang baru di sana, tapi udah jadi andalan buat para muda-mudi nongkrong, namanya FLOOM.

Walaupun masih sangat baru keberadaannya di kota Makassar, tapi program yang mereka jalankan tidak bisa dianggap sebelah mata terlebih menu makanan dan minuman yang dihadirkan juga sangat memiliki cita rasa enak. Di bulan Mei kemarin, mereka membuat sebuah program yang dibuat dengan tujuan untuk berbagi makanan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, termasuk juga tenaga medis dan non medis yang terlibat dalam penangan wabah ini. Selain itu, mereka juga turut mengajak berbagai kalangan untuk turut serta berpartisipasi di dalamnya. Programnya sendiri pun selalu berjalan di setiap harinya di kala itu.

Oke, untuk bangunannya sendiri, tempat ini bernuansa home industrial. Cukup adem untuk dikunjungi di tengah teriknya cuaca yang ada di sana. Interior yang digunakan pun bernuansa minimalis, jarak antara meja satu dan yang lain juga besar, tidak penuh sesak pokoknya. Dan buat kalian yang doyan foto-foto, bersiaplah dengan banyaknya spot foto yang oke untuk ditangkap, instagramable pokoknya. Ruang untuk nongkrong pun lumayan banyak, dan cukup menawarkan 3 suasana yang berbeda. Ketiganya adalah Indoor area, Outdoor area, dan. Lounge area. Oke mari dijelaskan fungsi masing-masing area ini. Untuk Indoor, udah pasti dong bakalan di dalem ruangan. Area ini cocok banget buat para keluarga yang ingin bersantai, untuk para businessman yang ingin mengobrol, atau buat para orang-orang yang ingin kerja buka laptop tapi tidak suka dengan bau asap rokok, inilah area yang pas.

Untuk yang Outdoor dan Lounge sebenarnya sama-sama di tempat terbuka, perbedaannya adalah Lounge dikhususkan di lantai atas, yang cocok untuk menikmati pemandangan. Nah yang Outdoor area, tempat ini selalu menjadi incaran bagi kawula muda untuk nongkrong. Sudah tempatnya terbuka, adem kena angin sepoi-sepoi, terus sudah bisa dipastikan banyak yang menjadikan tempat ini sebagai ajang pencarian jodoh atau hanya sekedar cuci mata hehe. Selain ketiga area itu, di sini juga menyediakan ruang khusus yang bisa disewakan untuk menggelar pertemuan juga. Totalnya ada 3 ruangan yang bisa dipakai dengan minimal sewa 1 jam.

“Floom Space (cafe n resto) tentu saja menyajikan menu-menu food and beverage yang berbeda dengan tempat lain. Cita rasa dan pelayanan yang excellent yang kami berikan mampu membuat pengunjung selalu rindu untuk kembali mencicipi menu makanan atau minuman yang ada. Floom space salah satu tujuan tempat hangout yang sangat recommended, dengan konsep home interior undustrial, membuat tempat ini menjadi lokaasi yang cocok untuk membuat berbagai konten seperti, vlog, tiktok, prawed, dan lain sebagainya.” Tutur Indhar Saputra selalu restoran manager.

Menu yang kami coba dan menjadi andalan adalah Floom Seafood Festival, Konro Bun, Es Kopi Mache, dan Regal n Loop. Ini nih yang sayang untuk dilewatkan kalau ke sini, apalagi yang disebutkan paling pertama, tumpah ruah cita rasa pesona laut bisa dinikmati oleh kalian. Buat orang-orang yang doyan masakan berbahan dasar laut, ini sangat direkomendasi. Harga yang cukup murah untuk 2 hingga 3 orang, kalian sudah bisa menikmati sepiring besar kerang, kepiting, udang, dan cumi yang disatukan dengan bumbu pilihan khas Makassar. Untuk urusan perdagingan, Konro Bun adalah pilihan tepat. Tidak suka makan Sop Konro karena berkuah dan bikin belepotan kan? Ini dia pilihannya. Konro Bun ini bisa dibilang seperti sandwich bercita rasa lokal, dengan Iga parut berbumbu Konro, kacang panggang, roti yang empuk, serta tambahan keripik singkong. Makannya harus ditemani dengan Es Kopi Mache, salah satu minuman signature di sini.

Buat yang mau ke sini tapi menginginkan suasana sepi, siang hari adalah waktu yang pas. Sebab kenapa? Kalau sudah menuju waktu malam, tempat ini akan berubah seketika. Ramainya minta ampun, bahkan saking ramainya, pengunjung diharuskan mengisi waiting list yang ada. Untuk alamat, FLOOM berlokasi di Jl. Onta Lama No.70, dekat banget dari Palubasa Serigala yang juga sangat menggoda selera itu. Akhir kata, tempat ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian yang sedang berlibur di Makassar, atau juga warga sana yang belum tahu adanya tempat ini. Rasakan sendiri sensasi dari FLOOM Seafood Festival.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Askhabul Kahfi

PARTIKILAS Part I: Mereka yang Berbagi Kabar di 2021

Untuk menyambut tahun 2022 yang penuh harapan, di bawah ini kami menyuguhkan kilas balik yang bersumber dari data dan dokumen internal Siasat Partikelir di sepanjang tahun 2021.

Keep Reading

5 Alasan Kenapa Rock In Celebes 2021 Begitu Penting Untuk Disimak

Memasuki tahun ke-12, Rock In Celebes kian menunjukan taji atas kiprahnya di ranah festival musik. Tahun ini, festival yang berbasis di pulau Sulawesi tersebut kembali menggulirkan agendanya dan akan digelar selama 10...

Keep Reading

Interview: Caccia dan Perjalanannya Menyusuri Musik

Apa rasanya bisa band-bandan dengan pasangan? Caccia mungkin salah satu dari beberapa unit musik yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Duo asal Jakarta ini dimotori oleh sepasang kekasih, Anya (vokal) dan...

Keep Reading

Nada Siasat: Pekan Pertama Penutup Tahun

Di awal bulan Desember ini kami merangkum berbagai karya musik yang datang dari beberapa musisi. Diantaranya datang dengan berbagai tema, mulai dari gulana ditinggal cinta sampai harapan-harapan yang muncul setelah...

Keep Reading