Kabar di Seberang #7: Kausa Creative Space dari Toraja

Seperti yang sudah-sudah kami bahas di beberapa artikel kemarin, komunitas/kolektif di Indonesia jumlahnya tumpah ruah. Bentuk kerjanya pun juga sangat beragam, ada yang musik, literasi, seni visual, dan banyak lainnya. Di setiap daerah pasti sering kali kita lihat pergerakan kolektif yang cukup alot. Di timur Indonesia pun juga begitu. Salah satu yang baru dibentuk adalah Kausa Creative Space. Menurut mereka yang membentuk tempat ini, Creative Space sudah seharusnya menjadi tempat yang bisa digunakan untuk tumbuh berkembangnya sebuah komunitas dan kolektif. Tempat ini juga bisa berfungsi sebagai ruang untuk bertemu, membuat sesuatu dan berbagi ilmu. Intinya, semua kegiatan dari komunitas/kolektif, diharapkan bisa memberikan dampak baik bagi orang banyak.

Oh ya, Kausa Creative Space adalah tempat baru hasil dari buah kerja sekelompok anak muda yang ada di Toraja, Sulawesi Selatan. Pasti tahu dong, kota yang penuh akan pesona pariwisata dan budaya yang unik. Tak dipungkiri, gerakan anak muda kreatif di sana juga sangat banyak, tapi itu lagi, sering kali susah untuk melakukan pergerakan. Salah satu sebabnya adalah karena tidak adanya apresiasi dan wadah yang baik, untuk mereka berkegiatan.

Berawal dari masalah yang ada di atas, terciptalah sebuah Creative Space baru. Dengan tujuan untuk menjadi tempat dan ruang kepada banyak pegiat kreatif agar bisa berkarya, berkolaborasi, berjejaring, dan selalu produktif untuk memecahkan masalah yang ada di kota tersebut.

“Mungkin dengan adanya Ruang teman-teman kreatif di toraja bisa makin produktif, tau harus kemana dan tidak bingung saat kembali ke kampung halaman.” Tutur Rixi Aritonang, salah satu inisiator dari tempat ini.

Cerita dibalik dari berdirinya tempat ini pun menurut Rixi sangat tidak terduga. Diawali dengan pertemuan dirinya dengan Bobby Fernando Sosang yang seorang pelaku industri kreatif dan pemilik kedai kopi bernama Rockopi, tercetuslah ide bagus tersebut. Kemudian, di dalam perkembangannya, Rixi turut mengajak beberapa kawan lamanya yaitu Febe Tolan, Rynaldi Saalino, Surya Dharma dan Madelin untuk sama-sama membangun Creative Space dan mulai membahas program, tujuan dan rencana besar mereka untuk kedepannya.

Tepat pada tanggal 10 Januari 2021, keenam anak muda ini pun merilis si Kausa Creative Space, yang berlokasi di Jalan Ichwan No. 148, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Yang mana ini adalah lokasi dari Rockopi milik Bobby.

“Program pertama yang dijalankan oleh Kausa adalah program kolaborasi antara Kausa Creative Space dan Rockop dalam rangka Opening Store Rockopi artwear sekaligus launching Kausa Creative Space, acara tersebut pun diberi nama Power Of Colaboration.” Jelas Rixi.

Yang menariknya, program pertama yang sudah disebutkan di atas, digelar bertepatan dengan hari kasih sayang atau yang akrab dikenal dengan nama Valentine’s Day. Walaupun kondisi masih belum benar-benar membaik akibat adanya pandemi, namun hal itu tak menyurutkan niat mereka untuk memperkenalkan lebih dalam lagi mengenai apa saja yang baru saja mereka lahirkan.

“Meski di tengah pandemi yang masih menjadi pergulatan bagi banyak pihak, Kausa Creative Space mengadakan launching atau secara resmi menyatakan hadir di tengah masyarakat Toraja untuk membantu membangkitkan semangat kreatif anak-anak muda di Toraja agar tetap berinovasi, produktif, berjejaring dan berkolaborasi untuk dapat tetap bertahan di tengah pandemi.” Terang Rixi kembali.

Rangkaian kegiatan yang dijalankan pun cukup beragam, antara lain; talk show, live mural oleh CWS Art Painting, Pop Up dari Sofos Store, Bululondong t-shirt, Owlsome.Project, Pmtskin, Morer.id, Tuan Muda Cuts and Shaves. Juga ada penampilan band dari CATS, Carrywhite, Buton Boy, serta pemutaran video dokumentasi dari Reskiawan dan Stand Up Comedy oleh Akry.

“Kausa, memiliki persamaan kata yaitu akar, inti, atau dalam KBBI adalah sebab yang menimbulkan suatu akibat. Disini kita mau Kausa menjadi wadah inti, atau akar untuk memunculkan suatu kreativitas anak muda di Toraja dengan cara tetap produktif, berjejaring dan berkolaborasi,” ungkap Rixy, inisiator Kausa Creative Space dalam Talk show Soft opening store Rockopi dan Launching Kausa Space.

Selain Rixy Aritonang, ada juga beberapa insan muda lainnya yang hadir sebagai narasumber dan berbagi pengalaman dan motivasi mereka. Alde Kirey, Rynaldi Saalino, dan Bobby Fernando Sosang.

“Harapannya, kedepannya dengan berjejaring dengan teman-teman yang lain, kita dapat berkolaborasi untuk mengadakan sesuatu dan tetap produktif baik itu dalam bidang kreatif apapun. Dan semoga juga wadah ini bisa digunakan untuk membantu teman-teman yang bergerak dalam industri kreatif agar produk lokal kedepannya bisa menjadi lebih di kenal dan maju.” Tambah Rixy.

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 5 jam, dengan membatasi jumlah pengunjung dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Semoga bentuk-bentuk seperti ini akan terus ada dan tumbuh dengan pesat.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Kausa Creative Space

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading