Kabar Baik Sekaligus Tidak Menyenangkan dari Zirah

Zirah adalah band rock yang cukup menarik untuk diperbincangkan. Band ini pada awalnya terdiri dari Alyssa Isnan (vokal), Anissa Yasmin (bass), Raissa Faranda (gitar), dan Talitha Mailangkay (drum). Mereka mulai muncul ke permukaan dan dikenal banyak orang berkat debut single yang diberi judul “Pusaka Pertiwi” dan diluncurkan pada 21 Juni 2019. Proses yang mereka jalani tidak serta merta hadir dengan mudah, ada rentang waktu yang lumayan jauh dari tahun 2016 hingga 2019 untuk mereka bisa bersatu sebagai grup musik yang solid. Sebuah perjuangan yang jelas tidak main-main dan menuntut keseriusan tersendiri.

Rilisan fisik ini rencananya akan dijual pertama kali di dalam pagelaran teatrikal “SIAPA KAMI”, yang juga bekerja sama dengan Kolase.com pada 4 April 2020 lalu bertempat di Auditorium IFI Thamrin. Namun karena kondisi saat ini belum juga kondusif, gelaran ini dengan sangat berberat hati harus ditunda hingga waktu yang belum pasti. Tapi, menurut mereka gelaran ini akan tetap menjadi agenda penting mereka kedepannya ketika dunia dan kehidupan kembali seperti semula.

Sayangnya, rencana tersebut terpaksa dipendam dalam-dalam. Pada akhirnya mereka memutuskan untuk membatalkan acara tersebut. Hal tersebut sebenarnya sesuatu yang benar dilakukan di masa yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini. Siapa bilang virus yang ada telah hilang? Tetapi, keputusan tersebut tidak serta merta merubah kebiasaan mereka dalam berkarya. Sebagai bentuk apresiasi kepada Pasukan Pertiwi (Panggilan untuk para pendengar Zirah), mereka menciptakan sebuah lagu yang terinspirasi dari keadaan yang tak kunjung membaik dan diberi judul “Sial Kau Corona” (SKC). Lagu ini sendiri dapat didengarkan secara eksklusif bagi mereka yang telah membeli tiket Pagelaran Zirah silam. Untuk penyebaran secara luas, single ini akan dilepas pada tanggal 22 Juli 2020 mendatang di seluruh layanan musik dalam jaringan seperti Spotify, Resso, Joox, Apple Music, Deezer, dan lainnya. Tak hanya itu, video lirik Sial Kau Corona, juga dapat ditonton pada tanggal yang sama melalui akun Youtube Zirah.

“Sial Kau Corona” lahir pada sesi jamming sebelum live streaming session untuk Ardan Radio. Sebagai penulis lirik lagu ini, Raissa bercerita sedikit tentang inspirasinya, “Bener-bener mewakili perasaan gue akan pandemi corona. Mungkin karena saat itu lirik yang terucap spontan dari mulut gue, rasanya bener-bener jujur aja mewakili kekesalan gue tapi gue mau tetap happy. Bisa dibilang, ini produksi pertama Zirah yang semuanya dilakukan secara mandiri, superr fasstt dan seadanya. Nah, biar mood keselnya seimbang dengan happy nya, Zirah mengajak Refo dan Fauna untuk melengkapi lagu ini dan kebetulan juga ada project sebaliknya. Ya gitulah. Sial Kau Corona !” jelas Raissa.

Selain mengungkapkan kekesalan dan kegagalan pagelaran akibat pandemi, Yasmin juga menambahkan bahwa ini adalah bentuk ucapan maaf kepada mereka yang telah menunggu pagelaran, serta seluruh tim yang terlibat, “lagunya bikin keadaan susah jadi hiburan, looking at the good in the bad”, tambah Yasmin.

Membahas lebih jauh mengenai batalnya Pagelaran Zirah, Talitha menjelaskan, “awalnya untuk disyukuri aja, emang jalannya disuruh tahan dulu. Sampai ketika melewati masa pandeminya, kami sadar ternyata acara ini harus batal karena tidak memungkinkan kalau diundur. Terlalu lama kalau ditunda terus dan momennya udah lewat”.

Batalnya Pagelaran Zirah bukan satu-satunya berita tidak menyenangkan yang hadir. Setelah melewati masa diskusi yang cukup lama dan panjang, Zirah akhirnya memutuskan untuk tidak lagi berjalan bersama dengan sang vokalis Alyssa Isnan yang memutuskan mengundurkan diri dari tubuh band, dan kini menyisakan Raissa Faranda (gitar/vokal), Talitha Mailangkay (drum/vokal), dan Anissa Yasmin (bass/vokal). Guna mengisi kekosongan, Zirah akhirnya menggandeng Refo dan Fauna untuk featuring di lagu “Sial Kau Corona” untuk meramaikan suasana, setelah sebelumnya, Refo juga mengajak Zirah untuk membantu mengisi lagunya berjudul “Aku Suka Korea” yang akan menyusul dirilis.

“Sepatah lirik yang aku ciptakan terbentuk dari aku yang suka hujan-hujanan, kenapa aku suka hujan hujanan? Biar kalau aku nangis aku ga keliatan. Btw, aku mau nanya, kaya kaya apa yang lucu?? Hayoo kaya apa??? Jawabannya kaya Talitha hehe” begitu Refo menjelaskan ketika ditanya apa yang menginspirasinya dalam penggalan lirik yang ditulisnya untuk Zirah.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Zirah

 

Tentang Syukur dan Hidup yang Tak Tertebak di Lagu Terbaru Alahad

Beranjak menjadi solis, Alahad, moniker dari Billy Saleh yang sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari band rock-alternative Polka Wars akhirnya kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini ia melepas sebuah nomor tunggal teranyar...

Keep Reading

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading