Jelang Malam Bersama Jangar

Kabar gembira hadir dari kancah rock Pulau Dewata. Jangar, dengan menggaet Berita Angkasa sebagai label rekaman, telah resmi mengeluarkan album penuh perdananya yang bertajuk Jelang Malam pada tanggal 1 oktober 2019. Berbalut heavy rock kental, paket karya tersebut bermuatan sepuluh materi bertemakan sosial politik, kematian, kelahiran, hingga alam baka.

Melalui rilis pers, band yang diperkuat oleh Gusten (vokal), Pasek (drum), Dewa Adi (gitar), dan Raibio (bass) ini menceritakan bahwa Jelang Malam bercerita tentang ketika matahari mulai menutup hari dan gelap malam mulai membayangi; di pertemuan putih dan hitam tersebut berbagai hal kerap terjadi. Saat malam menjelang, ada yang datang dan pergi, alam fana dan alam baka terkoneksi, tidak ada yang benar dan salah, segalanya menjadi abu-abu.

“Kami tidak ingin menjadi siang, yang carut marut dengan kesibukan fana manusia, atau menjadi malam sebagai dunia makhluk-makhluk baka. Kami ingin ada di antaranya. Hidup dengan mereka yang kami kasihi, serta tetap mengenang mereka yang telah pergi,” ujar Pasek.

Jangar di album ini juga mendapat dukungan lain dari tokoh kancah musik dari dua kota lainnya: Palembang dan Bandung. Rian Pelor, vokalis Detention dan eks-vokalis Auman, yang berasal dari Palembang berkolaborasi dengan Jangar di lagu “Negeri Nego”. Setelah itu dari Bandung ada Morgg, vokalis Rajasinga, yang mengerjakan sampul album Jelang Malam dan Doddy Hamson, vokalis Komunal yang kharismatik, yang berkolaborasi di lagu “Haerath I”.

“Kami sangat bangga di album Jelang Malam bisa berkolaborasi dengan Berita Angkasa, Rian Pelor, Morgg, dan Doddy Hamson. Dengan bantuan mereka, album ini menjadi lengkap dan kami siap menebar bisa ke seluruh Indonesia!,” ujar Gusten.

Jelang Malam saat ini sudah dirilis dalam format fisik dan digital. Format fisik berupa CD sudah bisa didapatkan melalui berbagai toko musik di berbagai daerah dan format digital bisa didengarkan di berbagai layanan musik streaming semisal Deezer, Spotify, dan Apple Music.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Berita Angkasa

 

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading