Mohammad Istiqamah Djamad atau yang lebih dikenal publik dengan nama Pusakata ini baru saja merilis sebuah single yang bertitel Jalan Pulang. Single ini merupakan pertanda berikut bahwa ia melanjutkan karya sebagai seorang solois dan akan datang sebuah album penuh mengikutinya. Nama Pusakata sendiri mulai diperkenalkan sejak awal 2018 paska berakhirnya kisah yang bersangkutan dengan Payung Teduh.

Sebelumnya di tahun 2018 Pusakata telah merilis dua buah single berjudul Cemas dan juga Kehabisan Kata. Karakteristik musikal yang dimilikinya tetap melekat kuat. Karyanya mudah diterima kuping namun tetap penuh makna di tiap bait liriknya.

Jalan Pulang menurutnya sendiri adalah tentang sebuah keinginan dan kesadaran diri untuk mencari dan kembali kepada apa yang disebut sebagai rumah. Tentunya kita sebagai manusia memiliki hasrat untuk terus bertualang, mencari jawaban-jawaban atas pertanyaan ataupun sesuatu yang belum kita ketahui sebelumnya. Namun kita juga pasti selalu ingin kembali dan menghidup ide tentang rumah.

“Saat pergi ke mana saja atau ke antah berantah. Semakin lama semakin lupa. Lupa dari mana, lupa ingin apa, lupa akan rumah, dan tak tahu jalan pulang. Hasrat dan imajinasi¬† menjadi teman setia mengejar cita-cita yang didamba. Dari perasaan-perasaan itulah muncul keinginan kuat untuk kembali pulang ke rumah. Seperti yang tertulis dalam lirik Jalan Pulang,” tutur Is dalam rilisan pers yang kami terima.

Mari sejenak mendengarkan single ini sembari mengingat apa yang ingin kita bawa saat kembali nanti.

Teks: Adjust Purwatama
Foto: Arsip Pusakata