Jeda Tiga Tahun, Grrrl Gang Kembali Rilis Karya Baru

Selalu ada hal menarik ketika membicarakan talenta muda di jagat musik Indonesia. Salah satu yang paling mencuri perhatian sejak kemunculannya adalah Grrrl Gang, trio indiepop/indierock asal Yogyakarta yang digawangi oleh Angeeta Sentana (vokal/gitar), Akbar Rumandung (bass/vokal), dan Edo Alventa (gitar/vokal).

Sekian tahun berjalan tanpa rilisan terbaru, akhirnya kini Grrrl Gang kembali melepas sebuah single teranyanya yang berjudul “Honey, Baby” pada Rabu (17/2). Sebuah nomor manis bertempo sedang yang masih mempertahankan gitar sebagai elemen penting. Lagu tunggal ini pula merupakan lagu pertama Grrrl Gang dalam tiga tahun terakhir sejak EP ‘Not Sad, Not Fulfilled” dirilis pada 2018 silam. Di hari yang sama, Grrrl Gang pun melepas video musik “Honey, Baby” yang bisa diputar secara premiere pukul 20.00 WIB.

Berbeda dari musik dan rilisan mereka sebelumnya, dalam single ini Grrrl Gang menampilkan warna dan arahan musik baru bernuansa alternatif 90-an yang dapat kita rasakan sejak detik pertama. Ditulis pertama kali oleh sang vokalis/gitaris Angeeta Sentana pada awal 2019 lalu, “Honey, Baby” diakui Angee merupakan lagu cinta yang merekam kisah serta perasaannya dalam sebuah perjalanan hubungan.

“Aku mencoba untuk berefleksi dan menuangkan betapa manisnya hubunganku pada saat itu, meskipun aku tau perjalanannya tidak akan mudah. Mungkin lagu ini adalah caraku untuk bilang, ‘Hey, I am willing to go through this, are you?'” ungkap Angee.

Ia menjelaskan penulisan “Honey, Baby” pun berlangsung selama beberapa bulan untuk benar-benar menangkap perasaan secara apa adanya, mengikuti bagaimana hubungan tersebut berjalan.

Di wilayah proses rekaman, lagu “Honey, Baby” juga merupakan lagu pertama Grrrl Gang yang sepenuhnya dikerjakan dan diproduksi di Jakarta. Dalam prosesnya tersebut mereka pun menggandeng bassist The Adams, Pandu Fuzztoni sebagai produser pendamping. Gitaris Edo Alventa mengungkapkan, “Butuh waktu cukup lama untuk kami menyempurnakan lagu ini hingga sampai di bentuk yang sekarang. Pandu banyak membantu kami dari mulai proses rekaman, mixing, hingga menemukan perspektif baru.” ungkap Edo. Soal aransemen lagu Edo juga menambahka jika “Honey, Baby” menjadi titik tolak pendewasaan mereka. “Bisa dibilang kali ini kami lebih sabar. Pembagian porsi, progresi akor, dan penempatan melodi banyak berubah dari apa yang kami lakukan sebelumnya. Di ‘Honey, Baby’ semua kami pikirkan lebih matang.” tambahnya.

Tak cukup disana, “Honey, Baby” tak dibiarkan hanya dirilis dalam format audio saja, namun sebuah video musik garapan mereka sendiri bersama teman-temannya di Yogyakarta juga telah siap disajikan bersama single terbaru ini. Mempercayakan kembali Carkultera “Kome” Wage Sae pada kursi sutradara, musik video “Honey, Baby” menjadi kolaborasi reuni bagi Grrrl Gang dan Kome sejak video musik “Bathroom/Thrills” empat tahun lalu.

Lewat siaran pers yang diterima, pada awal 2020, Grrrl Gang baru saja resmi bergabung dan merilis sebuah album diskrografi bersama label rekaman asal London, Damnably yang berbuntut diundangnya mereka untuk tampil di festival musik SXSW 2020, Amerika Serikat. Namun, tepat setelah mereka mengantongi tiket pesawat, pandemi terjadi. Festival dibatalkan dan Grrrl Gang gagal ke Amerika. Apa dan bagaimana yang terjadi selanjutnya jika 2020 tidak pernah ada pandemi? Inilah yang Kome coba bayangkan dan berhasil ia tampilkan dalam video musik “Honey, Baby” secara komedi.

“Intinya musik video ini kami buat untuk menertawakan diri sendiri,” jelas bassist Akbar Rumandung. “Grrrl Gang diminta untuk menceritakan ulang tentang apa yang terjadi di 2020 jika pandemi tidak pernah terjadi. Penuh ironi dan keresahan sebenarnya, tapi kami tampilkan dalam simbol-simbol yang menyenangkan” pungkasnya.

Dikabarkan pula, selain dirilis secara digital, “Honey, Baby” juga bakal tersedia dalam format vinyl 7″ berwarna via label Damnably serta format CD edisi spesial via Kolibri Rekords dalam waktu dekat.

Oh ya baru-baru ini SXSW juga telah mengumumkan ihwal kelanjutan festivalnya. Namun mengingat kondisi belum benar-benar pulih, festival yang sedianya setiap tahun diselenggarakan di Austin, Texas, Amerika Serikat ini harus beralih format menjadi daring dan dijadwalkan akan hadir selama tiga hari, dari tanggal 16-20 Maret 2021 mendatang. Salah satu headliners dari Indonesia yang dipastikan bakal tampil di SXSW 2021 ini adalah Grrrl Gang bersama ratusan musisi lainnya yang datang dari seluruh dunia.

Teks:Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Kolibri Records  

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading