Jala Skena, Semangat Merawat Jaringan ala Ace Of Decades

Geliat para pelaku industri kreatif di Indonesia  sudah tak diragukan lagi. Keberadaan dan potensinya patut untuk diacungi jempol, berkatnya kita bisa merasakan langsung bagaimana ranah ini terus berdenyut dan produktif dalam menghadirkan karya. Salah satu yang terus berupaya untuk merawat dan merekatkan hubungan antar pelaku kreatif ini adalah Ace of Decades (AoD), sebuah jaringan juga ruang bersama yang diinisiasi secara mandiri oleh para insan kreatif.

Setelah sukses melangsungkan jaringan musik yang bernama Arisan Warisan di 5 daerah (Yogyakarta Klaten, Magelang, Salatiga, Gunungkidul) dengan melibatkan 36 talent, pada tahun 2019 lalu. Awal tahun kali ini, tepatnya di bulan Februari tahun 2021, program Jala Skena hadir mewakili semangat jejaring Ace Of Decades (AoD) yang merupakan sebuah inisiasi mandiri yang memiliki ambisi berjejaring antar kota antar propinsi.

Sementara, untuk saat ini AoD fokus terlebih dahulu di wilayah seputaran Jawa Tengah-DIY. Rencana dan program ini sempat terhenti di 2020 karena pandemi yang ternyata memberi banyak waktu kepada mereka untuk kembali melihat ulang potensi diri dan bergegas di tahun ini. Semangat ini pula akhirnya yang membawa komitmen untuk kembali bergerak dan menyambung jaringan walau berjarak melalui program Jala Skena. Program ini merupakan sajian dokumentasi seputar geliat kreatif se’Jateng-DIY yang nantinya akan ditayangkan melalui kanal-kanal digital.

“Jala Skena hadir sebagai media alternatif para pelaku kreatif, seni dan budaya yang ada pada tiap daerah jaringan Ace Of Decades. #sehatkanpertemuan #skenakuaman” tulis AoD melalui siaran pers

Dengan menerapkan konsep merawat jaringan walau berjarak, Jala Skena berusaha menyajikan program yang aman bagi para pegiat kreatif ditiap daerah dan mudah untuk diakses oleh seluruh masyarakat. Sajian program ini akan ditampilkan pada platform Youtube LIBSPACE MEDIA yang akan mulai tayang di bulan Maret 2021 mendatang. Selanjutnya segala bentuk Informasi terbaru akan mereka unggah melalui kanal Instagram @li.bs.pace.

Inisiasi program Jala Skena sendiri tak lain adalah salah satu upaya untuk mempererat hubungan para pelaku kreatif lintas wilayah, antar kota antar provinsi. Meskipun terbatas dengan jarak –terlebih dalam kondisi pandemi yang juga belum selesai seperti saat ini, namun mereka meyakini bahwa kebersamaan adalah cara untuk saling menguatkan.

“Terakhir namun bukan akhir, dari perjalanan ini jelas yang utama kami ingin mempererat hubungan antar kota antar propinsi seJateng-DIY. Walau kami tidak harus bertemu, kami meyakini bahwa kekuatan jaringan, kebersamaan walau berjarak adalah salah satu cara untuk saling menguatkan satu sama lainnya” terang AoD.

Lebih lanjut program Jala Skena pun merupakan sebuah sarana untuk menggali potensi yang ada di tiap daerah yang berbeda-beda.

“Selain itu, tujuan kami jelas ingin menggali dan menunjukan potensi dari tiap daerah. Rekaman dan cerita yang ada akan menjadi data yang apik dan bermanfaat di kemudian hari. Kami berharap program ini dapat menjadi program gerak media alternatif yang berguna tidak hanya di wilayah yang sudah kami bersamai saat ini” pungkas AoD.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Ace of Decades

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading