Indische Party yang Kembali dengan Formasi dan Lagu Baru

Dua tahun berlalu selang dirilisnya “Tell Me What To Do” di tahun 2019, kuintet rock n roll asal Jakarta, Indische Party, kembali dengan melepas karya terbarunya yang dibertajuk “Duka Akhir Pekan”. Layaknya  lagu “Ingin Dekatmu” yang tercantum di album Analog (2016), lagu tunggal “Duka Akhir Pekan” pula diisi dengan suara vokal sang drummer, Tika Pramesti. Tak hanya suaranya saja yang muncul, namun Tika juga menuangkan segala cerita dukanya lewat lagu berdurasi 3 menit ini.

“Duka Akhir Kemarau” yang sejatinya sudah ditulis sejak tahun 2018 ini adalah lagu yang pertama diciptakan oleh drummer Tika Pramesti bersama Indische Party, namun menurut siaran pers yang kami terima, lirik dari lagu ini baru ditulis setahun kemudian setelah lagu dibuat.

Sejalan dengan judulnya, lagu ini adalah lagu yang menyiratkan kesedihan mendalam. Ada kejujuran duka yang teramat dalam yang menyertai penulisan lagu ini. Pasalnya, di pertengahan Juli 2019, tiga hari sebelum hari pernikahan Tika dan vokalis Japs, Ibunda Tika wafat. Mereka menikah di hadapan jenazah beliau. Tika dan Japs memulai hari-hari pernikahan mereka sembari diselimuti duka yang mendalam, terutama bagi Tika, yang masih berkabung hingga beberapa waktu kemudian.

Di wilayah lirik, vokalis Japs berperan  untuk  mengolah lagu “Duka Akhir Kemarau” yang kemudian menulis liriknya yang secara langsung dipersembahkan untuk mewakili kerisauan Tika dalam menghadapi rasa kehilangan atas sang Ibu.

“Bait-bait lagu ini ditulis berdasarkan kenangan yang ditinggalkan almarhumah yang meninggalkan Tika yang terlihat layu dalam duka. Sebagaimana bunga-bunga yang turut berguguran di halaman rumah, di penghujung kemarau.” tulis Indische Party.

Terlepas dari kedukaan yang dialami Tika, “Duka Akhir Kemarau” juga menjadi sebuah tribute atau soundtrack sedih yang dipersembahkan Indische Party untuk semua yang pernah mengalami kehilangan orang terkasih baik keluarga maupun kerabat di masa pandemi yang telah berlangsung selama hampir dua tahun ini.

Tambah memperkaya sisi instrumen, dalam lagu ini Ricky Virgana dari White Shoes and The Couples Company menambahkan bunyi cello yang kemudian diaransemen oleh Tanya Ditaputri dari Fleur! Selain itu Indische Party juga menambahkan gitar pedal steel yang dimainkan oleh Warman Nasution .

Lagu ini merupakan awalan dari rangkaian single yang akan dirilis Indische Party yang saat ini tengah mempersiapkan album penuh ketiga mereka. Setelah album terakhir, Analog di tahun 2016, Indische Party sedang berbenah. Kini dengan warna dan wajah baru mereka dengan formasi teranyar dengan Warman Nasution yang kini mengisi posisi gitar, piano dan berbagai instrument lainnya, mereka tengah mempersiapkan kejutan-kejutan asyik untuk album berikutnya.

Selain dirilis dalam format  audio, “Duka Akhir Kemarau juga dikemas ke dalam video klip yang makin meepresentasikan lagu tersebut. Selain itu dalam video ini juga menampilkan personil baru Warman Nasution. Sambil menunggu album ketiga dirilis, boleh cek musik dan videonya di bawah ini.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: John Navid

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading