Ikan dan Bunga Matahari dalam Karya Arnis Muhammad

Arnis Muhammad, seniman visual asal Banda Aceh ini mulai menggeluti dunia illustrasi sejak usianya masih sangat belia, lalu di 2013 dia mulai menggambar di berbagai sudut kota dan jalanan. Visual yang dihadirkannya pun selalu menyangkut ikan dan bunga matahari, yang hingga saat ini menjadi ciri khas di setiap karya yang dihasilkannya. Dirinya lahir dan tumbuh besar di kota kecil bernama Bireun, kota yang dikenal dengan seringnya terjadi konflik antar tentara dan pasukan gerilya, bukan mainnya dari kondisi yang ada itu, dia lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah untuk mengasah keahliannya dalam membuat illustrasi. Sama seperti di kota-kota lain yang ada, di tempat asalnya pun, berkegiatan seni masih dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Tetapi hal itu tak menyurutkan niat dan minat dalam bidang ini. Bagi Arnis sendiri, seni visual telah menjadi satu dengan dirinya dan kehidupan sehari-harinya yang tak bisa dipisahkan. Bagaimana kisah selengkapnya? Mari simak bersama obrolan kami di bawah ini.

Halo, apa kabar? Saat ini lagi sibuk mengerjakan ilustrasi untuk siapa?

Alhamdulillah, baik! Sibuk mengerjakan proyekan-proyekan kolaborasi nih.

Boleh beri gambaran bagaimana awal mula semua ini berjalan di dunia ilustrasi hingga saat ini?

Awalnya lebih karena kegemaranku dalam dunia menggambar, dan akhirnya sekarang menjadi sebuah kegiatan rutin yang aku lakukan.

Semua orang tentu punya sosok panutan yang menjadi inspirasi. Bagi Arnis sendiri, siapa sosok yang memegang peran penting itu?

Lingkungan dan Lebih ke apa yang aku lihat disekitarku.

Prosesmu saat ini hadir karena otodidak atau sekolah?

Otodidak

Tentang ikan dan bunga matahari di setiap gambarmu. Ada alasan khusus gak kenapa selalu memvisualkan keduanya  di setiap karyamu?

Aku ingin mengenalkan sebuh karakter dalam gambar ku, ke orang orang dengan visual yang sama sampai orang ingat kalo itu gambar aku tanpa perlu aku tulis nama aku disitu..

Premis seperti apa yang ingin disampaikan dari setiap karya yang kamu buat?

Tidak ada, hanya menyalurkan ego ku sambal menggali karakter aku saja dalam membuat karya

Adakah korelasi besar antara warna cerah yang selalu dipakai terhadap proses pengkaryaanmu?

Ada. Karna lingkunganku lah yang membentuk ku menggunakan warna-warna seperti itu.

Bisa ceritakan tentang sosok lungkeefish?

Tanpa aku sadari, Sebenernya itu hanya ikan yang ada dalam khayalanku saja.

Dari semua karya yang pernah dibuat, apakah ada yang sampai saat ini memiliki nilai sejarah/kenangan yang sangat melekat?

Ada. Ketika aku menggambar perahu disebuah kampung nelayan, mereka mengapresiasiku hasil karyaku dengan memberiku ikan-ikan hasil tangkapannya. Yang kedua, karena seringnya aku menggambar di sebuah gedung kosong bekas hotel, akhirnya gambarku menjadi wall of fame untuk orang yang berkunjung ke situ untuk sekedar berfoto memakai latar belakang gambarku, dan tanpa aku sadari gambar-gambarku membawa rejeki untuk bapak penjaga gedung itu. Karena banyaknya pengunjung yang datang, si bapak bisa memungut uang parkir dari kendaraan pengunjung.

Oh ya, kamu berasal Dari Aceh. Bagaimana perkembangan seni dan kolektif di sana? Bisa dijelaskan?

Sekarang disana sudah sangat berkembang sekarang. Dan pelakunya juga sudah mulai banyak .. apa lagi streetart nya

Apa yang membedakan begitu banyak seniman dengan teknik yang sama?

Yang pasti Style nya dan karakternya.. 

Sering kali melihat kamu berkarya di berbagai medium. Apakah setiap seniman wajib menguasai banyak medium? Menurutmu bagaimana?

Aku pribadi aku sangat suka mencoba hal yang baru. Aku lebih bisa mempelajari karakter dalam media tersebut dan lebih mengeksplor lagi apa isi kepalaku.

Apakah saat ini sudah nyaman dengan style yang ada? Kemungkinan untuk mengeksplorasi lebih jauh apakah akan dilakukan?

Belum, saat ini aku menikmati keresahanku dalam membuat sebuah karya. Semakin resah, semakin aku berfikir untuk membuat sesuatu yang lebih lagi.

Tanggapan soal situasi yang sedang melanda seluruh Dunia ini seperti apa?

Menurut aku kita dapat pembelajaran baru dan hal hal yang baru disituasi seperti ini. Sejujurnya aku tidak terlalu memusingkan hal-hal seperti ini.

Lalu, bagaimana seorang seniman harus mensiasati kondisi yang tak kunjung sehat ini?

Ya terus berkarya saja secara konsisten.

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membalas. Terakhir, adakah pesan untuk semua teman seniman di luar sana yang sedang berjuang menghadapi situasi saat ini?

Teruslah berkarya  apapun situasinya, apapun kondisinya dan apapun medianya. yang pasti lakukan semuanya secara konsisten dan bertanggung jawab.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Arnis

Nada Siasat: Pekan Pertama Februari

Sampailah kita di penghujung pekan pertama bulan Februari. Harapan-harapan terus tumbuh di tengah situasi yang belum membaik sepenuhnya. Meskipun situasi masih belum jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya, namun para musisi...

Keep Reading

Seniman Roby Dwi Antono Gelar Tiga Pameran Sekaligus di Jepang

Seniman Indonesia yang satu ini memang kerap membuat pameran di luar negeri. Lewat karya-karyanya yang memukau, nama Roby Dwi Antono kian dikenal oleh para pelaku mau pun kolektor seni Internasional....

Keep Reading

Nada Siasat: Meretas Tahun Penuh Harapan

Tak terasa sudah 2 tahun kita berdampingan dengan pandemi, selama kurun waktu itu pula kita terus bertahan dari terpaan yang ada. Kini, nyaris semua sektor perlahan kembali pulih. Adaptasi adalah...

Keep Reading

50 Lagu Indonesia Favorit Siasat Partikelir 2021

Berikut adalah 50 lagu yang menjadi favorit Siasat Partikelir, yang sering kami dengarkan di berbagai situasi dalam rentang waktu tahun 2021.

Keep Reading