Rangkuman Cerita Ijay Irawan di Single ke Empat

Ijay Irawan merupakan seorang solois bergitar asal Bandung. Ia merupakan putra dari gitaris blues Tanah Air, Budi Arab. Karena itu, permainan gitar Ijay pun banyak dipengaruhi musik yang ayahnya mainkan.

Pada Minggu (21/11), Ijay merilis singgel keempatnya dengan judul “Pemain (Nikmati Saja)“. Lagu tersebut merupakan nomor pertama Ijay yang menggunakan format akustik dengan tambahan isian gitar slide. Secara keseluruhan, “Pemain (Nikmati Saja)” merupakan sebuah tembang pop country, namun tetap berbalut sentuhan rok dan blues khas Ijay di dalamnya.

Lagu ini menceritakan para “pemain” dalam sebuah hubungan percintaan. Kebingungan akan hal itu diungkapkan dalam lirik lagu “Pemain (Nikmati Saja)”. Ijay mengaku lagu ini terinspirasi dari cerita pengalaman teman-temannya.

“Ini sih cuma iseng aja, dari cerita-cerita teman dan kisah-kisah yang saya baca di medsos,” ucap ijay Irawan dalam keterangan persnya.

Ijay meminta bantuan oran luar untuk menggambar sampul untuk “Pemain (Nikmati Saja)”. Gambar tersebut dibuat oleh seniman asal Bandung, Kapten John Martono.

Sebelumnya, Ijay merupakan gitaris dari band rok Bandung dengan nama Voodoo Dolls. Ia sempat merilis sebuah album mini bertajuk Try to Try pada 2017 dengan band tersebut. Bersama rekan-rekannya di sana, Trisa (vokal), Aldy (kibor), Setiadi (bas), dan Sandy (drum), Ijay merangkum lima lagu dengan judul masing-masing, “Aku”, “Dahulu”, “Leave Me Alone”, “You’ve Got Everything”, dan “Where You Go”.

Pada 2018 lah ia baru memulai karier solonya. Rilisan pertamanya sebagai solois adalah tembang berjudul “Play A Drama”. Pada 2019, Ijay Irawan kembali dengan “Beda” lalu setahun setelahnya ia beradu musik dengan Sarah Saputri untuk mengisi singgel “Unreasonable”. Seperti dibahas sebelumnya, di ketiga lagu tersebut Ijay menggunakan format band penuh dengan gitar penuh distorsi untuk meramaikan musik yang ia mainkan. Selain Voodoo Dolls dan karier solonya, Ijay juga sering tampil mengiringi ayahnya Budi Arab di berbagai acara.

Selanjutnya, Ijay ingin merangkum karya-karyanya dalam sebuah album. Namun sebelum itu, nampaknya Ijay juga akan meluncurkan sebuah klip video untuk lagunya kali ini, “Pemain (Nikmati Saja)”.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Ijay Irawan

Cara Retlehs Tuangkan Keresahan Sang Pembetot Bas

Retlehs (nama yang cukup njelimet untuk dieja dan disebutkan) telah merilis sebuah nomor dengan judul “Matahari” pada Senin (29/11) dengan bantuan Sinjitos Collective. Lirik dari nomor tersebut diangkat dari masalah...

Keep Reading

Libido Bermusik Muto dalam EP Debut

“Dalam proses penciptaan lagu-lagu Muto, kata ‘yeah yeah yeah‘ juga merupakan ekspresi kepuasan mereka terhadap lagu-lagu yang mereka ciptakan; seperti merasakan nikmatnya masturbasi,” jelas keterangan pers yang dikirimkan Muto mengenai...

Keep Reading

Urban Sneaker Society Akhirnya Kembali Secara Luring

Kabar gembira bagi para fesyen enthusiast, Urban Sneaker Society 2021, event Sneakers tahunan yang diadakan USS Networks sejak 2017, kembali hadir secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal...

Keep Reading

Nuansa Abad Pertengahan Progresif di Karya Baru Tara Sivach

Tara Sivach merupakan seorang solois asal Jakarta yang mencoba masuk dalam ranah goth. Dengan nuansa abad pertengahan kelam khas gotik yang dicampur dengan rok semiprogresif dan gaya vokal klasik, ia mencoba...

Keep Reading