Rangkuman Cerita Ijay Irawan di Single ke Empat

Ijay Irawan merupakan seorang solois bergitar asal Bandung. Ia merupakan putra dari gitaris blues Tanah Air, Budi Arab. Karena itu, permainan gitar Ijay pun banyak dipengaruhi musik yang ayahnya mainkan.

Pada Minggu (21/11), Ijay merilis singgel keempatnya dengan judul “Pemain (Nikmati Saja)“. Lagu tersebut merupakan nomor pertama Ijay yang menggunakan format akustik dengan tambahan isian gitar slide. Secara keseluruhan, “Pemain (Nikmati Saja)” merupakan sebuah tembang pop country, namun tetap berbalut sentuhan rok dan blues khas Ijay di dalamnya.

Lagu ini menceritakan para “pemain” dalam sebuah hubungan percintaan. Kebingungan akan hal itu diungkapkan dalam lirik lagu “Pemain (Nikmati Saja)”. Ijay mengaku lagu ini terinspirasi dari cerita pengalaman teman-temannya.

“Ini sih cuma iseng aja, dari cerita-cerita teman dan kisah-kisah yang saya baca di medsos,” ucap ijay Irawan dalam keterangan persnya.

Ijay meminta bantuan oran luar untuk menggambar sampul untuk “Pemain (Nikmati Saja)”. Gambar tersebut dibuat oleh seniman asal Bandung, Kapten John Martono.

Sebelumnya, Ijay merupakan gitaris dari band rok Bandung dengan nama Voodoo Dolls. Ia sempat merilis sebuah album mini bertajuk Try to Try pada 2017 dengan band tersebut. Bersama rekan-rekannya di sana, Trisa (vokal), Aldy (kibor), Setiadi (bas), dan Sandy (drum), Ijay merangkum lima lagu dengan judul masing-masing, “Aku”, “Dahulu”, “Leave Me Alone”, “You’ve Got Everything”, dan “Where You Go”.

Pada 2018 lah ia baru memulai karier solonya. Rilisan pertamanya sebagai solois adalah tembang berjudul “Play A Drama”. Pada 2019, Ijay Irawan kembali dengan “Beda” lalu setahun setelahnya ia beradu musik dengan Sarah Saputri untuk mengisi singgel “Unreasonable”. Seperti dibahas sebelumnya, di ketiga lagu tersebut Ijay menggunakan format band penuh dengan gitar penuh distorsi untuk meramaikan musik yang ia mainkan. Selain Voodoo Dolls dan karier solonya, Ijay juga sering tampil mengiringi ayahnya Budi Arab di berbagai acara.

Selanjutnya, Ijay ingin merangkum karya-karyanya dalam sebuah album. Namun sebelum itu, nampaknya Ijay juga akan meluncurkan sebuah klip video untuk lagunya kali ini, “Pemain (Nikmati Saja)”.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Ijay Irawan

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading