Rangkuman Cerita Ijay Irawan di Single ke Empat

Ijay Irawan merupakan seorang solois bergitar asal Bandung. Ia merupakan putra dari gitaris blues Tanah Air, Budi Arab. Karena itu, permainan gitar Ijay pun banyak dipengaruhi musik yang ayahnya mainkan.

Pada Minggu (21/11), Ijay merilis singgel keempatnya dengan judul “Pemain (Nikmati Saja)“. Lagu tersebut merupakan nomor pertama Ijay yang menggunakan format akustik dengan tambahan isian gitar slide. Secara keseluruhan, “Pemain (Nikmati Saja)” merupakan sebuah tembang pop country, namun tetap berbalut sentuhan rok dan blues khas Ijay di dalamnya.

Lagu ini menceritakan para “pemain” dalam sebuah hubungan percintaan. Kebingungan akan hal itu diungkapkan dalam lirik lagu “Pemain (Nikmati Saja)”. Ijay mengaku lagu ini terinspirasi dari cerita pengalaman teman-temannya.

“Ini sih cuma iseng aja, dari cerita-cerita teman dan kisah-kisah yang saya baca di medsos,” ucap ijay Irawan dalam keterangan persnya.

Ijay meminta bantuan oran luar untuk menggambar sampul untuk “Pemain (Nikmati Saja)”. Gambar tersebut dibuat oleh seniman asal Bandung, Kapten John Martono.

Sebelumnya, Ijay merupakan gitaris dari band rok Bandung dengan nama Voodoo Dolls. Ia sempat merilis sebuah album mini bertajuk Try to Try pada 2017 dengan band tersebut. Bersama rekan-rekannya di sana, Trisa (vokal), Aldy (kibor), Setiadi (bas), dan Sandy (drum), Ijay merangkum lima lagu dengan judul masing-masing, “Aku”, “Dahulu”, “Leave Me Alone”, “You’ve Got Everything”, dan “Where You Go”.

Pada 2018 lah ia baru memulai karier solonya. Rilisan pertamanya sebagai solois adalah tembang berjudul “Play A Drama”. Pada 2019, Ijay Irawan kembali dengan “Beda” lalu setahun setelahnya ia beradu musik dengan Sarah Saputri untuk mengisi singgel “Unreasonable”. Seperti dibahas sebelumnya, di ketiga lagu tersebut Ijay menggunakan format band penuh dengan gitar penuh distorsi untuk meramaikan musik yang ia mainkan. Selain Voodoo Dolls dan karier solonya, Ijay juga sering tampil mengiringi ayahnya Budi Arab di berbagai acara.

Selanjutnya, Ijay ingin merangkum karya-karyanya dalam sebuah album. Namun sebelum itu, nampaknya Ijay juga akan meluncurkan sebuah klip video untuk lagunya kali ini, “Pemain (Nikmati Saja)”.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Ijay Irawan

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading