Usai bangkit dari hiatus yang memakan waktu kurang lebih separuh dekade, kini band pop alternatif asal Surabaya bernama Humi Dumi kembali menunjukkan tajinya dengan merilis musik video pertamanya untuk lagu bertajuk “Time Tunnel” pada 18 Oktober 2019 lalu. Band dengan komposisi Qanita Hasinah (vokal), Bimo Soerjoputro (gitar, vokal), Brilyan Prathama (gitar, vokal), Irna Kurni (bas), Rizky Raja Satria (ambient synth keyboard), dan Bobby Nur Cahya (Drum) itu juga dikabarkan tengah menggodok materi untuk debut albumnya yang direncanakan akan dirilis pada tahun ini.

Kabar tersebut telah disinyalir sejak mereka meluncurkan sebuah single bertajuk Pathless pada akhir tahun lalu, yang juga menjadi penanda dari transformasi musikalitas Humi Dumi. Band yang terbentuk pada tahun 2012 itu juga sempat  merilis EP I Am Ij Sin A di 2014 silam.

Dengan berkolaborasi bersama seniman video asal Malang, Prialangga, Humi Dumi memilih lagu “Time Tunnel untuk dibuatkan gambar bergeraknya karena dianggap representasi dari debut album mereka. Time Tunnel adalah sebuah lagu yang berkisah tentang perjalanan terjal sebuah tokoh yang dilanda krisis ekstensialistis.

Repetoarnya dibangun lewat kisah seorang tokoh yang terombang-ambing saat bertualang di lorong waktu. Konsep cerita tentang harapan, mimpi, putus asa, dan doa itu dinarasikan secara visual oleh Prialangga lewat permainan semiotika yang futuristik.

Musik video “Time Tunnel”  ini adalah sebuah simbol bahwa hari kelahiran album pertama dari Humi Dumi akan segera tiba.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Humi Dumi