Home: Single Baru Munthe

Setelah vakum beberapa tahun, singer-songwriter Munthe kembali dengan karya baru berjudul Home. Lagu tersebut bercerita tentang kerinduan seseorang akan rumah, karena tengah merantau jauh dari kampung halaman.

“Lagu Home itu bercerita tentang perjalanan pulang dari suatu tempat di mana seseorang yang jauh dari rumah. Orang-orang yang merantau yang merindukan nuansa rumah, suasananya, atmosfernya, tempatnya, serta orang orang terdekat yang selalu memberikan semangat dan doa di kala kita jauh dari rumah dan bekerja keras demi mereka. Sehingga itu yang saya lihat mengenai orang orang yang bermudik. Mereka yang bermudik tentu memiliki rasa rindu, semangat serta rasa excitement untuk setelah tidak bertemu dalam waktu yang lama,” ujar Munthe menjelaskan.

“Home juga bisa menjadi ruang yang tidak selalu hanya rumah. Tetapi bisa juga menjadi perasaan saat kita bersama orang-orang terdekat, ataupun tempat yang di mana kita merasakan hal hal yang membuat kita merasa aman dan nyaman, seperti saat kita sedang berada di alam sekalipun,” lanjutnya.

Pembuatan lagu tersebut berawal dari sebuah proyek iklan bersama produser musik Dissa Kamajaya. Munthe mengisi backsound iklan yang bercerita tentang mudik. Sang produser kemudian mengolahnya menjadi lagu utuh. Rencananya, tembang Home ini sendiri menjadi jembatan untuk perilisan mini album terbaru Munthe nantinya.

“Produser Dissa Kamajaya memberikan nuansa lagu menjadi lebih kaya dengan fill modular dan ambient sehingga nuansa kemurungan bisa lebih terasa,” jelas Munthe.

Selain album penuh bertajuk The Sun Has Sunset (2014), Munthe sebelumnya telah merilis beberapa single seperti Life is Beautiful dan Free Fall. (*)

 

Teks: Rizki Firmansyah
Foto: Arsip Munthe