Sang pemilik album “Naik ke Laut” sepertinya sedang semangat-semangatnya dalam merilis sesuatu lagi. Belum lama ini, Holaspica baru saja mengabarkan telah membuat satu single terbaru yang berjudul “Penyeberangan Dini Hari”. Masih sama seperti karya-karya yang sebelumnya, tema yang diangkat adalah soal jarak dan laut. Unsur romantisme di lagu terbaru ini sangat kental terasa dan juga penuh akan warna.

Kegundahan hati seseorang terlihat jelas dalam lirik-lirik yang tertuang. Merangkum segala gejolak yang dirasakan oleh seseorang yang diimajinasikan sedang berada diatas sebuah kapal Feri pada malam hari dan menjadi tempat favoritnya. Hal seperti ini mungkin banyak terjadi bagi yang tinggal di wilayah kepulauan yang dikelilingi oleh lautan.

“Tapi yang lebih berat adalah kita yang berproses dengan waktu berjam-jam di atas kapal, mengetahui nasib percintaan yang belum pasti berlabuh, tak seperti Feri yang mengantar.” Jelas Holaspica melalui press release yang dikirimkannya.

Ada yang unik di single ini. Dalam prosesnya, Holaspica mencari sebuah penelitian tentang penemuan suara ikan yang diolah melalui alat tertentu agar nantinya bisa didengarkan oleh kita. Lalu, dari hasil tersebut, di beberapa part lagu akan terdapat suara Trombone yang dipakai atas dasar ide tadi. Selain merilis single, saat ini dia tengah mempersiapkan satu video animasi yang akan memperlihatkan dengan detil dari lagu ini. Bagaimana semua hal dapat berkaitan satu sama lain, dan juga bagaimana memvisualisasikan kegundahan di masa lalu dengan kegembiraan di masa sekarang.

Holaspica adalah sebuah proyek solo dari Virdyas Eka Diputri. Musiknya bernuansa prosa melankolis dengan nuansa laut sebagai tema utamanya. Telah merilis debut EP yang berjudul “Naik ke Laut” pada  5 Agustus 2018 silam dalam bentuk digital dan juga fisik.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Holaspica