Hiatus Lima Tahun, Fazerdaze Kembali dengan Rilisan Baru

Setelah absen selama 5 tahun,  multi-instrumentalis , Fazerdaze, moniker dari Amelia Murray kembali lagi dengan rilisan terbarunya bertajuk “Come Apart” lewat label rekaman, section1. Menurut musisi berdarah campuran Indonesia-Selandia Baru tersebut, “Come Apart” adalah sebuah respon terhadap perpisahan dengan orang-orang dalam hidupnya.

“Saya menulis lagu ini ketika saya belum bisa sepenuhnya menerima bahwa hubungan dengan orang-orang terdekat saya sudah kandas. Saya merubah diri saya sendiri untuk beradaptasi dengan orang lain, melakukan apapun yang saya bisa untuk tetap melanjutkan hubungan daripada mengakui bahwa hubungan tersebut sudah berakhir. Saya rasa lagu ini cara bagi alam bawah sadar saya untuk berteriak kepada diri saya sendiri, agar bisa menyerah dan mengakui bahwa hal-hal dalam hidup saya memang sudah berakhir.” Ungkap Amelia dalam keterangan pers.

Pasca debut albumnya di tahun 2017, “Morningside”, Fazerdaze memulai determinasi baru untuk bekerja keras dan menempatkan dirinya pada momen dan tempat yang tepat, hal ini membawa Amelia ke kontrak labelnya dengan Flying Nun. Album “Morningside” mendapatkan ulasan yang positif dari media-media internasional ternama. Pitchfork mengulas album ini sebagai “effortless pop that are far less effortless than people think” sementara Mojo mengulas album ini dengan menyatakan “a fuzzed-up, Pixies-worthy melodic high” .

Selepas itu, Fazerdaze hampir sepenuhnya absen dalam menciptakan karya. Keputusan tersebut merupakan akumulasi dari berbagai hal yang terjadi setelah selesainya tur pada tahun 2018 silam. Baik Amelia dalam lingkup personal maupun Fazerdaze, merasakan kelelahan emosional yang luar biasa hebat; buah dari problematika hubungan personal, serta perasaan tidak layak dan tidak percaya diri akan ketenaran dan keberhasilan Fazerdaze.

Beratnya rintangan yang dialami oleh Amelia membuatnya tidak bisa melanjutkan dan menyelesaikan proyek Fazerdaze yang sedang berjalan untuk sementara waktu.

“Saya kehilangan banyak kepercayaan diri, dan kewarasan saya benar-benar terkikis. Seiring berjalannya waktu, saya merasa saya harus menyerah pada keadaan yang sangat tidak mendukung tersebut; baik secara profesional maupun secara personal.” ujar Amelia.

“Menerima dan menyerah pada keadaan tersebut merupakan keputusan terbaik dalam hidup saya. Melepaskan berbagai hal dan hubungan yang sudah tidak berjalan dengan baik menjadi sebuah kelegaan tersendiri bagi kondisi emosional saya. Saya akhirnya bisa melepaskan beban yang saya pikul selama ini; bisa mendengarkan intuisi saya, mulai menulis lagu kembali, dan kembali menjadi kreatif. Saya bergabung dengan label terbaru, dan pindah ke tempat tinggal yang baru. Semua hal baik seperti menemukan caranya sendiri ke dalam hidup saya.” Tambah Amelia.

Kini nomor “Come Apart” sudah mengudara di berbagai kanal pemutar musik streaming.

Editor: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Noiswhore

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading