Gorillaz x Robert Smith”The Cure” Dalam Project “Song Machine”

Agaknya Gorillaz merupakan kelompok musik yang paling siap dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Semenjak kemunculannya lebih dari dua dekade silam, mereka kerap memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam proses kreatif berkaryanya. Maka bukan suatu hal yang aneh jika kemudian karyanya selalu ditunggu oleh khalayak banyak, khususnya bagi mereka yang menggandrungi musik, animasi, dan teknologi.  

Baru-baru ini (08/09) tersiar kabar bahwa Gorillaz, kelompok musik virtual asal Inggris itu telah melakukan kolaborasi bersama Robert Smith, vokalis dari band brit pop ikonik The Cure. Kolaborasi ini merupakan project musik Gorillaz yang bertajuk “Song Machine”. Dalam rangka merayakan ulang tahun band yang ke-20, sejak Januari 2020 lalu, Gorillaz telah merilis musik secara berkala sebagai bagian dari project ini. Tak hanya dengan Robert Smith, jauh sebelumnya Gorillaz telah melakukan kerja sama dengan sejumlah musisi, diantaranya Slowthai, Slaves, Fortoumata Diawara, Peter Hook, Georgi, Octavian sampai ScHoolboy Q. Kabar kolaborasi antara Gorillaz dan Robert Smith itu diumumkan secara resmi melalui akun twitter nya.

“Coming up on Song Machine… It’s @RobertSmith,” the band wrote. “Follow your nearest Song Machine NOW!” tulis Gorillaz sambil dibubuhi dengan artwork musiknya.

Nah, kabar itu pun terbukti dengan rilisnya lagu berjudul “Strange Timez” di tanggal 9 September kemarin. Menyoal kolaborasi ini memang telah diunggah sepotong informasi yang dibagikan dalam bentuk artwork promosi yang menampilkan karakter animasi Gorillaz dengan berpakaian astronot, sementara Robert Smith tampak di bagian latar belakang seperti berada di sebuah pintu lubang hitam yang bisa digunakan untuk memasuki planet bumi.

Selain project karya musik “Song Machine”, Gorillaz merayakan ulang tahunnya yang ke-20 dengan merilis sebuah komik berjudul Gorillaz Almanac. Komik ini dirilis oleh Z2 Comics, sebuah penerbit yang juga akan merilis novel grafis tentang band heavy metal Dio. Gorillaz Almanac menampilkan 120 halaman penuh warna, dihiasi dengan karya seni asli oleh Jammie Hewlett. Komik ini akan dirilis  secara resmi pada 16 Oktober mendatang dan tersedia dalam edisi standar, Deluxe dan Super Deluxe. Selain komik, Gorillaz Alamanac berisikann juga permainan, puzzle dan artworks dalam bentuk poster.

“Sebuah almanak adalah buku tahunan yang merupakan gudang informasi berguna seperti prakiraan cuaca, trivia dan teka-teki serta permainan,” tutur Sridhar Reddy dari Z2 Comics melalui Rolling Stone .

Untuk Robert Smith sendiri kini ia tengah sibuk menyiapkan album baru The Cure bertajuk “Mericless” yang sudah digarap sejak musim panas tahun lalu. Setelah album ini rampung, Mericless merupakan album penuh pertama sejak 12 tahun silam pasca rilisnya album “4:13 Dream” milik The Cure. 

“Empat tahun lalu, saya berkata kepada Robert, ‘Kita harus membuat satu rekor lagi,” kata O’Donnell. “Itu harus menjadi rekaman yang paling intens, paling menyedihkan, paling dramatis dan paling emosional yang pernah kita buat, dan kemudian kita bisa pergi begitu saja.” Dia (Robert Smith) setuju. Saya pikir semua orang akan senang dengan itu. ” lanjut O’Donnell dikutip dari NME. 

buku gorillaz almanac

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Berbagai Sumber

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading