Gorillaz Syuting Videoklip di GTA 5

Di saat semua orang di masa sekarang memindahkan semua kegiatannya ke dalam bentuk virtual, Gorillaz sudah melakukannya di tahun 1998 silam, 20 tahun lebih loh. Band ini memang dikenal sebagai band virtual. Bagi yang belum tahu siapa itu Gorillaz, mereka adalah sebuah grup virtual band hasil ciptaan dari Damon Albarn dan Jamie Hewlett. Keduanya bekerja sama membuat 4 tokoh animasi yaitu 2D, Noodle, Murdoc Niccals, dan Russel Hobbs yang kemudian dijadikan satu sebagai sebuah band bernama Gorillaz. Untuk lini musik, Damon dibantu oleh banyak rekan sesama musisi untuk menciptakan banyak karya. 2 personel awal yang berkolaborasi dengan Damon dalam merilis album pertama band ini adalah Del tha Funkee Homosapien dan Dan the Automator.

Setelah beberapa waktu lalu melakukan kolaborasi bersama Robert Smith di lagu “Strange Timez” dan merilis sebuah komik berjudul Gorillaz Almanac, yang menampilkan 120 halaman penuh warna, dihiasi dengan karya seni asli oleh Jammie Hewlett. Komik ini akan dirilis  secara resmi pada 16 Oktober mendatang dan tersedia dalam edisi standar, Deluxe dan Super Deluxe. Selain komik, Gorillaz Alamanac berisikann juga permainan, puzzle dan artworks dalam bentuk poster.

Semua hal di atas adalah perjalanan mereka dalam merayakan usianya yang ke-20 tahun, sejak bulan Januari silam. Kolaborasi itu pun tak hanya dilakukan bersama Robert Smith, jauh sebelumnya Gorillaz telah melakukan kerja sama dengan sejumlah musisi, diantaranya Slowthai, Slaves, Fortoumata Diawara, Peter Hook, Georgi, Octavian sampai ScHoolboy Q. Nah kali ini, mereka kembali lagi merilis satu lagu yang masuk dalam proyek Song Machine, dia adalah Beck. Dalam kolaborasi itu, mereka merilis lagu yang berjudul “Valley of the Pagans”. Yang menarik dari lagu ini adalah bentuk videoklipnya, mereka secara spesial memakai game GTA V sebagai lokasi syuting, dan sudah bisa dipastikan kota Los Santos dijajal oleh mereka dalam lagu ini. Seperti yang kita tahu, sebelumnya lagu Gorillaz yang berjudul “Feel Good Inc” juga masuk ke dalam game ini yang dimainkan di dalam radio Non Stop Pop FM.

Dalam videoklip ini, Gorillaz diperlihatkan memasuki portal yang ada di dalam garasi dan membawa masuk mereka ke Los Santos, yang ada di Grand Theft Auto 5. Keseluruhan video diambil gaya cinematic yang sangat menarik dan seringkali kamera akan beralih ke tampilan di dalam mobil untuk menunjukkan Russel, Murdoc, dan 2D yang bereaksi terhadap cara mengemudi Noodle yang sangat sembrono. Tentu saja, Beck juga ada dalam video tersebut dan muncul di layar ponsel iFruit.

Selama 19 tahun terakhir, Gorillaz terus berkembang dengan basis penggemarnya yang sangat besar. Tidak seperti bintang virtual lain seperti Hatsune Miku, Noodle bukanlah anak yang sama seperti dulu. Hal lain yang unik tentang Gorillaz adalah bagaimana video musik mereka cenderung mengikuti alur cerita dari satu video ke video yang lain. Hal ini bisa kalian cermati di proyek Song Machine tersebut, perjalanan Gorillaz ke tempat mereka saat ini dapat diikuti dengan menonton videoklip dalam sebuah urutan kronologis.

Satu hal yang pasti, sulit untuk mengatakan bahwa perjalanan mereka di GTA 5 ini akan berdampak pada keseluruhan perjalanan mereka. Paling-paling, rasanya episode ini lebih seperti iklan musik untuk Grand Theft Auto 5 karena kurangnya sentuhan seni dari Jamie Hewlett.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip Gorillaz

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading