Gordon Ramsay Jalan-Jalan ke Ranah Minang

Apa jadinya bila Gordon Ramsay, sang koki yang terkenal dengan programnya yang bernama Gordon Ramsay: Uncharted  menerima tantangan dari seorang pakar kuliner asal Indonesia bernama William Wongso? Tentunya akan sangat seru melihat interaksi dari kedua orang ini. Kali ini Ramsay beserta tim menyambangi pulau Sumatera, dan mengeksplorasi berbagai kekayaan yang dimiliki oleh provinsi Sumatera Barat, beragam masakan khas Minang salah satunya adalah dengan memasak rendang. Seperti kita semua tahu bahwa makanan ini adalah salah satu  masakan Indonesia yang paling populer, dan juga telah mendapat pengakuan dalam dunia kuliner global.

Jika kalian yang pernah menyaksikan program Uncharted milik Ramsay tersebut pastinya sangat tahu pasti bagaimana acara memasak ini dihadirkan seperti tidak pada umumnya. Dalam kunjungannya ke Sumatera Barat ini, Ramsay dipastikan bakal turun ke berbagai wilayah untuk mencari berbagai macam bahan baku yang akan digunakan untuk memasak, dan juga sekaligus belajar cara memasak, mengolah dan meracik bumbu bersama masyarakat Padang. Nantinya masakan Ramsay dan juga William Wongso, akan dinilai langsung oleh Gubernur Sumatera Barat.

 

Ahli kuliner Indonesia, William Wongso, dan Gordon Ramsay. (National Geographic/Justin Mandel)

 

“Ngomong-ngomong perihal ‘mendorong kemampuan hingga menembus batasan kita’, saya mungkin tidak bisa menyempurnakan masakan rendang ini hanya dalam tujuh hari, tapi jujur, saya cukup senang dengan apa yang saya lakukan. Dia – William Wongso .Ed – memiliki banyak pengalaman, dan hal itu bisa membuat saya menjadi koki yang jauh lebih baik,” papar Ramsay yang dilansir dari National Geographic.

“Di area yang penduduknya banyak yang belum memiliki fasilitas pendingin, makanan di sini umumnya kaya dengan cabai dan bumbu rempah yang mampu mengawetkan daging. Rendang — sajian daging yang terkenal dengan kepedasan, prosedur masak yang panjang, dan kemampuan untuk bertahan selama berhari-hari — diciptakan oleh warga Minangkabau,” jelas National Geographic yang dilansir dari situs resminya.

 

Gordon Ramsay menghirup aroma bumbu rendang yang sedang disiapkan. (National Geographic/Ed Wray)

 

William Wongso pun sangat senang dengan kehadiran Ramsay di Indonesia kali ini. Selain itu dirinya juga bisa beradu masak dengan sang koki internasional tersebut. Wongso sudah dikenal oleh orang banyak sebagai The Godfather kuliner di Indonesia, banyak restoran yang telah didirikan olehnya. Menurut beberapa kabar, dirinya mendapatkan keahlian memasak tidak melalui pendidikan formal, lebih dari itu dia mendapatkan langsung ilmu tersebut dari para pemilik warung pinggir jalan hingga para koki yang ada di restoran-restoran besar.

Kegiatan Ramsay dan Wongso nantinya akan masuk ke dalam program Uncharted yang akan tayang pada 29 Juni mendatang. Selain rendang, Ramsay juga mempelajari berbagai kuliner khas lainnya, mencoba makan bajamba di Istano Basa Pagaruyung, mendokumentasikan Pacu Jawi bersama joki-joki yang ada di sana, dan juga berpetualang ke gua bernama Ngalau Simalasak. William Wongso dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa episode dari Gordon Ramsay: Uncharted  edisi Sumatera Barat ini akan sangat mengagumkan bila dibandingkan dengan episode yang telah ada sebelumnya. Hal itu bisa dilihat nanti saat dirinya masuk ke desa yang sangat terpencil, ke pasar tradisional, mengulek bumbu dengan cobek tradisional, memerah susu kerbau, sampai makan durian dan bika.

 

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip National Geographic

Turbokidz Merilis Album Perdana Dalam Format Compact Disc

Setelah dirilis dalam format digital pada akhir tahun 2022 lalu, Turbokidz kini menghadirkan album perdananya, Oranye, dalam format compact disc (CD).  Tersedia di pasaran mulai 25 Januari 2023 sebagai lanjutan...

Keep Reading

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading