Gitar Jimi Hendrix Dilelang dengan Harga Mahal

Dalam dunia musik, gitar tetap menjadi salah satu instrumen pilihan paling populer bagi musisi dan kolektor. Tak heran jika banyak peminat musik, terutama yang memiliki apresiasi yang tinggi terhadap musik, serta berkantong tebal, menjelajahi berbagai belahan bumi untuk mencari gitar yang pernah menjadi milik para superstar di dunia musik. Banyak pecinta musik dengan sumber keuangan yang besar dan gila, rela dan sangat bersedia untuk berpisah dengan uang mereka hanya untuk memuaskan hasrat mereka terhadap kebendaan, apalagi yang sebuah barang yang memiliki nilai sejarah besar. Tidak semua orang memahami tampilan pemborosan seperti itu. Tetapi bagi seseorang yang memahami musik, sejarah, dan nilai suatu benda, memiliki satu benda yang memiliki sejarah besar, pastinya sangatlah istimewa. Terlepas dari berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkannya.

Sebuah gitar yang dimainkan Jimi Hendrix di awal tahun enam puluhan – ketika dewa gitar itu adalah seorang rekan dari penyanyi R&B dan rocker pemula yang berbasis di New York City – telah laku dijual secara lelang pada hari Sabtu kemarin dengan nominal harga $ 216.000, hampir empat kali lipat dari perkiraan panitia sebelum jadwal lelang dilakukan. Menurut pihak penyelenggara dari lelang ini, yaitu GWS Auction, Hendrix mulai memainkan gitar listrik sunburst Jepang setelah dia keluar dari Angkatan Darat A.S. pada tahun 1962 silam.

“Setelah meninggalkan Fort Campbell, Jimi pindah ke Clarksville, Tennessee, untuk waktu yang singkat di mana dia bermain di Sirkuit Chitlin dengan orang-orang seperti Wilson Pickett, Slim Harpo, Sam Cooke, Ike dan Tina Turner dan Jackie Wilson (sebelum pindah ke Harlem), di New York pada awal 1964 di mana dia tinggal sampai akhir 1966 tempat bermain seperti Cafe Wha dan Klub Cheetah,” terang pihak GWS Auction yang dilansir dari Rolling Stone.

Gitar Jimi Hendrix 1

Di masa karirnya, Hendrix memainkan serta berkarya bersama gitar tersebut selama masa singkatnya bersama dengan Isley Brothers dan Jimmy James and the Blue Flames ( band miliknya sendiri). Namun, ketika Hendrix berangkat ke Inggris untuk memulai “Pengalaman gilanya”, gitar tersebut ditinggalkan di New York, di sebuah apartemen milik temannya yang bernama Mike Quashie, yang memberikan surat pengesahan kepada notaris atas alat musik tersebut sebelum Hendrix meninggal dunia. Gitar tersebut memiliki perkiraan pra-lelang sebesar $ 50.000, dan mencapai tawaran tinggi sebesar $ 180.000; ketika memperhitungkan biaya dan lain sebagainya, tawaran yang menang adalah sebesar $ 216.000.

“Gitar khusus ini menjelaskan beberapa permainan paling awal oleh Jimi Hendrix dan belum pernah terjadi sebelumnya karena berkaitan dengan nilai historisnya. Belum pernah kami membeli gitar sebesar ini yang bermitra dengan asal dan nilai yang sangat menyeluruh, ”kata Dame Brigitte Kruse dari GWS Auctions dalam sebuah pernyataan.

Barang-barang terkait musik terkenal lainnya dari acara Artifacts of Hollywood & Music GWS Auctions pada hari Sabtu termasuk cincin emas 14K milik Elvis Presley ($ 22.500), sepasang sepatu bot ungu buatan Prince ($ 13.000) dan salah satu jaket hitam berpayet milik Michael Jackson ($ 20.000). Beberapa tahun silam, gitar Jimi Hendrix, yaitu Stratocaster 1968, adalah salah satu dari banyaknya permata yang sangat berharga yang pernah ada di dunia musik. Dimainkan oleh Hendrix di Woodstock 1969, gitar tersebut dibeli oleh seorang Paul Allen dari perusahaan teknologi besar, Microsoft. Menurut catatan, Allen dikatakan rela mengeluarkan uang sebesar $ 2 juta hanya untuk membeli gitar bersejarah tersebut.

Gitar Jimi Hendrix 2

Turbokidz Merilis Album Perdana Dalam Format Compact Disc

Setelah dirilis dalam format digital pada akhir tahun 2022 lalu, Turbokidz kini menghadirkan album perdananya, Oranye, dalam format compact disc (CD).  Tersedia di pasaran mulai 25 Januari 2023 sebagai lanjutan...

Keep Reading

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading