Gambaran Rindu di Hari Raya dalam Videoklip Baru Manjakani

Sepertinya lebaran tahun ini cukup berat bagi beberapa orang, pasalnya wabah Covid-19 yang melanda Indonesia membuat perayaannya tidak bisa dilakukan secara beramai-ramai, terkhusus buat para perantau yang tidak bisa pulang kampung karena himbauan dari pemerintah. Momen untuk kumpul sanak saudara terpaksa harus dipendam dalam-dalam.

Tak semua orang memang bisa beruntung untuk menikmati waktu bersama keluarga di kala kondisi seperti sekarang ini. Kerinduan yang memuncak tak pelak membuat banyak orang harus menahannya. Kerinduan ini yang coba divisualkan oleh duo asal Pontianak, yaitu Manjakani melalui videoklip dari lagu “Sabda Rindu” yang sebelumnya telah dirilis secara digital di bulan Januari lalu.

Videoklip memfokuskan cerita seorang ayah yang tengah dilanda kerinduan kepada anak tunggalnya yang sedang jauh di rantau dan tidak dapat pulang ketika lebaran tiba. Kerinduan itu pun semakin memuncak tatkala dirinya harus merayakan hari raya ini seorang diri yang dikarenakan sang istri telah tiada.

Dalam videoklip tersebut, mereka mencoba untuk menginterpretasikan bahwa rindu tidak selalu tentang suasana yang muram dan sedih. Hal tersebut diperlihatkan dari adegan sang ayah yang memperlihatkan proses memasak makanan dari buku resep mendiang sang istri untuk anak semata wayangnya di perantauan. Dan mereka juga memperlihatkan bagaimana jarak tak serta merta mampu memisahkan perasaan sayang dan rindu dari ayah dan anak ini.

 

Adegan di dalam video musik “Sabda Rindu” (Arsip Manjakani)

 

Ide cerita ini digagas oleh Fitro Dizianto, selaku produser dari videoklip “Sabda Rindu”. Fitro terinspirasi dari film pendek yang berjudul “Nunggu Teka” karya Mahesa Desaga. Sedangkan untuk penggarapannya, Manjakani kembali mengajak Fietra Rey Pratama sebagai sutradara, dan Gilang Gautama sebagai sinematografer.

Videoklip “Sabda Rindu” telah dirilis 23 Mei 2020 melalui kanal YouTube Manjakani Music. Perilisan ini pun bertepatan dengan malam menyambut Idul Fitri, di mana pada malam ini semua umat Muslim tengah sibuk-sibuknya mempersiapkan segala sesuatu untuk esok hari. Manjakani berharap video klip “Sabda Rindu” dapat mewakilkan dan mengobati kerinduan para teman-teman perantau yang tidak bisa merayakan hari raya bersama keluarga.

 

 

Video musik “Sabda Rindu” dari MANJAKANI juga bisa ditonton di SPTV, kanal siar alternatif yang akan menjadi ruang bersama pengarsipan video musik dari grup musik/musisi tanah air sebagai apresiasi redaksi Siasat Partikelir atas kreasi audio visual dan musik. Pantau terus jangan sampai terlewatkan suguhan kejutan dari SPTV.

 

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Manjakani

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading