Gambaran Rindu di Hari Raya dalam Videoklip Baru Manjakani

Sepertinya lebaran tahun ini cukup berat bagi beberapa orang, pasalnya wabah Covid-19 yang melanda Indonesia membuat perayaannya tidak bisa dilakukan secara beramai-ramai, terkhusus buat para perantau yang tidak bisa pulang kampung karena himbauan dari pemerintah. Momen untuk kumpul sanak saudara terpaksa harus dipendam dalam-dalam.

Tak semua orang memang bisa beruntung untuk menikmati waktu bersama keluarga di kala kondisi seperti sekarang ini. Kerinduan yang memuncak tak pelak membuat banyak orang harus menahannya. Kerinduan ini yang coba divisualkan oleh duo asal Pontianak, yaitu Manjakani melalui videoklip dari lagu “Sabda Rindu” yang sebelumnya telah dirilis secara digital di bulan Januari lalu.

Videoklip memfokuskan cerita seorang ayah yang tengah dilanda kerinduan kepada anak tunggalnya yang sedang jauh di rantau dan tidak dapat pulang ketika lebaran tiba. Kerinduan itu pun semakin memuncak tatkala dirinya harus merayakan hari raya ini seorang diri yang dikarenakan sang istri telah tiada.

Dalam videoklip tersebut, mereka mencoba untuk menginterpretasikan bahwa rindu tidak selalu tentang suasana yang muram dan sedih. Hal tersebut diperlihatkan dari adegan sang ayah yang memperlihatkan proses memasak makanan dari buku resep mendiang sang istri untuk anak semata wayangnya di perantauan. Dan mereka juga memperlihatkan bagaimana jarak tak serta merta mampu memisahkan perasaan sayang dan rindu dari ayah dan anak ini.

 

Adegan di dalam video musik “Sabda Rindu” (Arsip Manjakani)

 

Ide cerita ini digagas oleh Fitro Dizianto, selaku produser dari videoklip “Sabda Rindu”. Fitro terinspirasi dari film pendek yang berjudul “Nunggu Teka” karya Mahesa Desaga. Sedangkan untuk penggarapannya, Manjakani kembali mengajak Fietra Rey Pratama sebagai sutradara, dan Gilang Gautama sebagai sinematografer.

Videoklip “Sabda Rindu” telah dirilis 23 Mei 2020 melalui kanal YouTube Manjakani Music. Perilisan ini pun bertepatan dengan malam menyambut Idul Fitri, di mana pada malam ini semua umat Muslim tengah sibuk-sibuknya mempersiapkan segala sesuatu untuk esok hari. Manjakani berharap video klip “Sabda Rindu” dapat mewakilkan dan mengobati kerinduan para teman-teman perantau yang tidak bisa merayakan hari raya bersama keluarga.

 

 

Video musik “Sabda Rindu” dari MANJAKANI juga bisa ditonton di SPTV, kanal siar alternatif yang akan menjadi ruang bersama pengarsipan video musik dari grup musik/musisi tanah air sebagai apresiasi redaksi Siasat Partikelir atas kreasi audio visual dan musik. Pantau terus jangan sampai terlewatkan suguhan kejutan dari SPTV.

 

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Manjakani

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading