Gaet Sapphira Singgih, Alahad Lepas Pondok Labuh

Selepas merilis lagu tunggal ‘Sisa Wangi’ pada beberapa bulan ke belakang, kini Alahad yang tak lain adalah moniker dari Billy Saleh melepas kembali single teranyarnya yang diberi judul ‘Pondok Labuh’ pada Minggu (13/12) kemarin. Berbeda dengan ‘Sisa Wangi’ yang lebih terasa melankolis, dalam single ke-2 nya ini Alahad menawarkan warna  yang lebih segar namun tetap dengan cerita tentang selingkar kehidupan manusia.

Secara garis besar ‘Pondok Labuh’ bercerita tentang siklus kehidupan manusia, di mana saat ia terlahir ke muka bumi sampai dengan bertemu kematiannya, lalu terlahir kembali di bentuk kehidupan yang lain. Diceritakan, lagu tunggal  ini merupakan buah dari kontemplasi atau perenungan Alahad tentang kejadian-kejadian yang berkontradiksi di dalam siklus tersebut dan bagaiamana cara ia menempatkannya di dalam realita yang solid.

“Bagi gue ketika menjalani siklus hidup tuh selalu ada aja kontradiksi terhadap tujuan awal dalam bertindak atas hal apapun. Butuh banget proses kontemplasi yang mendalam biar semuanya selaras buat kembali ke hakikatnya” jelas Billy.

Dari sisi aransemen, ‘Pondok Labuh’ menghadirkan riff-riff gitar yang otetik juga irama yang lebih kuat ketimbang ‘Sisa Wangi’. Selain itu, yang membuat berbeda dari materi terbarunya ini Alahad menghadirkan suara vokal dari Sapphira Singgih sebagai penyanyi  tamu. Selain itu Alahad pun menggaet John Navid (White Shoes & the Couples Company) untuk mengisi  drum dalam ‘Pondok Labuh.

“Di lagu ini (Pondok Labuh), gue pengen warna suara vokal yang beda banget sama gue buat gue campurin, dan gue saat itu emang kebayang vokalnya Sapphira yang kuat dan akhirnya gue ajaklah dia.”, cerita Billy tentang pemilihan Sapphira Singgih.

“Kalau John udah ga usah ditanya lagi, begitu bikin lagu ini top of mind gue langsung harus John yang main drum. Syukurnya bisa kejadian” lanjut Billy ihwal keterlibatan John Navid.

Sementara dalam prosesnya, ‘Pondok Labuh’ dikerjakan oleh Billy Saleh bersama Uga Swastadi dari Mabes Music. Sedangkan artwork single dikerjakan oleh Monica Ivana dan Claudia Mandagie dari Toma & Kako.

Sebagai informasi, Alahad sendiri merupakan sebuah nama pemberian dari Ade Paloh (SORE) yang diambil dari bahasa Arab, Ibnu Al-Ahad, yang berarti putra hari Minggu. Nama yang kemudian diringkas olehnya menjadi Alahad. Dari nama ini tergambar tentang cerita soal kegelisahan dan kegusaran dirinya terhadap hari Minggu. Lama bergelut di industri musik, rupanya tak membuat Billy Saleh puas begitu saja. Setelah lama malang melintang bersama grup terdahulunya Polka Wars, kini dirinya mencoba untuk mengeksplorasi banyak hal baru dengan moniker Alahad ini. Sisi ini adalah sebuah medium dari dirinya untuk lebih memperlihatkan sisi personal yang mungkin tidak akan dilihat di manapun.

Kini ‘Pondok Labuh’ sudah dapat kalian dengar diberbagai kanal pemutar musik streaming digital. Selamat merenung…

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Alahad

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading