Gaet Fariz RM, Arya Novanda Hadirkan Karya Kolaborasi

Tak bisa dipungkiri, Arya Novanda merupakan solis muda asal Indonesia yang memiliki potensi yang mumpuni. Selain piawai memainkan gitarnya, ia pun cukup produktif merilis lagu dan tak malu-malu mengantarkan suaranya ke telinga para pendengar musik lebih luas. Di bulan Maret ini, ia kembali menghadirkan materi baru dengan merilis singel “Dat Thang”.  Rilisannya kali ini cukup spesial karena menggandeng musisi gaek Fariz RM sebagai kolaboratornya.

Nomor ini juga dilepas bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang dirayakan di tanggal 9 Maret 2022 lalu. Lagu ini merupakan kolaborasi pertamanya bersama Fariz RM yang dianggap oleh Arya merupakan ‘Disco Legend’.

“Awalnya aku berekspektasi untuk kolaborasi di genre musik disko. Tapi setelah mengenal secara dekat, justru kita punya kesamaan influence di musik blues and funk juga rock and roll yang merupakan roots dari musik disko populer,” ungkap Arya.

Itulah kenapa akhirnya single “Dat Thang” ini justru punya sentuhan musik blues dan funk yang cukup kuat. Dari sisi tema, menurut Arya lagu menceritakan tentang gairah dan hasrat dari anak muda di gemerlap pesta kota dunia malam yang menggoda. Digarap selama kurang lebih 4 bulan, single ini dikatakan Arya sebagai penyatu pola pikirnya dengan Fariz RM.

“Kolaborasi ini jadi penyatu pola pikirku dengan sosok Fariz RM. Dia tidak Cuma memainkan instrumen, tapi terlibat juga dalam proses komposisi dan membuat lagu ini jadi lebih bernyawa, dan menjadi musik yang otentik dan genre-less,” jelas Arya.

“Disamping itu, kolaborasi adalah salah satu cara untuk melanjutkan eksistensi pemusik sekaligus bertukar ilmu, junior belajar ke senior dan sebaliknya. Karena musik adalah suatu proses kesenian yang tak pernah berhenti sirkulasinya. Terus menjadi lintas generasi, baik dari sisi karya dan pendengarnya, tidak ada batasan usia,” sambung Fariz RM.

Menurut Fariz RM, kolaborasi bersama ini terjadi karena mereka berdua punya selera musik yang sama ditambah lagi Arya merupakan sosok yang unik karena datang dari generasi milenial namun karya musik tahun 70-an banyak mempengaruhi karya-karyanya.

“Sebagai pencipta lagu dan gitaris, dia punya metode yang tertata dan detail dalam penggarapan musiknya. Arya punya potensi yang luar biasa dan sungguh punya masa depan yang menjanjikan,” ujar Fariz RM.

Sedikit bocoran, “Dat Thang” juga merupakan single pembuka album mini kolaborasi dari Arya Novanda dan Fariz RM yang akan dirilis tahun ini. EP ini nantinya juga akan dirilis secara internasional hingga penikmat musik dimanapun dapat mendengarkan dan menikmati karya-karya kolaborasi Arya Novanda dan Fariz RM . Selain itu, Arya juga mengatakan bahwa ia akan merencanakan untuk berkolaborasi dengan Musisi Indonesia lainya

Kini nomor kolaborasi Arya Novanda bersama Fariz RM sudah bisa kalian didengarkan di seluruh kanal digital streaming. Selain dirilis dalam format audio, “Dat Thang” dikemas ke dalam video musik yang sudah bisa kalian simak dibawah ini.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Arya Novanda

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading