Gaet Fariz RM, Arya Novanda Hadirkan Karya Kolaborasi

Tak bisa dipungkiri, Arya Novanda merupakan solis muda asal Indonesia yang memiliki potensi yang mumpuni. Selain piawai memainkan gitarnya, ia pun cukup produktif merilis lagu dan tak malu-malu mengantarkan suaranya ke telinga para pendengar musik lebih luas. Di bulan Maret ini, ia kembali menghadirkan materi baru dengan merilis singel “Dat Thang”.  Rilisannya kali ini cukup spesial karena menggandeng musisi gaek Fariz RM sebagai kolaboratornya.

Nomor ini juga dilepas bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang dirayakan di tanggal 9 Maret 2022 lalu. Lagu ini merupakan kolaborasi pertamanya bersama Fariz RM yang dianggap oleh Arya merupakan ‘Disco Legend’.

“Awalnya aku berekspektasi untuk kolaborasi di genre musik disko. Tapi setelah mengenal secara dekat, justru kita punya kesamaan influence di musik blues and funk juga rock and roll yang merupakan roots dari musik disko populer,” ungkap Arya.

Itulah kenapa akhirnya single “Dat Thang” ini justru punya sentuhan musik blues dan funk yang cukup kuat. Dari sisi tema, menurut Arya lagu menceritakan tentang gairah dan hasrat dari anak muda di gemerlap pesta kota dunia malam yang menggoda. Digarap selama kurang lebih 4 bulan, single ini dikatakan Arya sebagai penyatu pola pikirnya dengan Fariz RM.

“Kolaborasi ini jadi penyatu pola pikirku dengan sosok Fariz RM. Dia tidak Cuma memainkan instrumen, tapi terlibat juga dalam proses komposisi dan membuat lagu ini jadi lebih bernyawa, dan menjadi musik yang otentik dan genre-less,” jelas Arya.

“Disamping itu, kolaborasi adalah salah satu cara untuk melanjutkan eksistensi pemusik sekaligus bertukar ilmu, junior belajar ke senior dan sebaliknya. Karena musik adalah suatu proses kesenian yang tak pernah berhenti sirkulasinya. Terus menjadi lintas generasi, baik dari sisi karya dan pendengarnya, tidak ada batasan usia,” sambung Fariz RM.

Menurut Fariz RM, kolaborasi bersama ini terjadi karena mereka berdua punya selera musik yang sama ditambah lagi Arya merupakan sosok yang unik karena datang dari generasi milenial namun karya musik tahun 70-an banyak mempengaruhi karya-karyanya.

“Sebagai pencipta lagu dan gitaris, dia punya metode yang tertata dan detail dalam penggarapan musiknya. Arya punya potensi yang luar biasa dan sungguh punya masa depan yang menjanjikan,” ujar Fariz RM.

Sedikit bocoran, “Dat Thang” juga merupakan single pembuka album mini kolaborasi dari Arya Novanda dan Fariz RM yang akan dirilis tahun ini. EP ini nantinya juga akan dirilis secara internasional hingga penikmat musik dimanapun dapat mendengarkan dan menikmati karya-karya kolaborasi Arya Novanda dan Fariz RM . Selain itu, Arya juga mengatakan bahwa ia akan merencanakan untuk berkolaborasi dengan Musisi Indonesia lainya

Kini nomor kolaborasi Arya Novanda bersama Fariz RM sudah bisa kalian didengarkan di seluruh kanal digital streaming. Selain dirilis dalam format audio, “Dat Thang” dikemas ke dalam video musik yang sudah bisa kalian simak dibawah ini.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Arya Novanda

Penanda 17 Tahun GBS Berkarir

Gugun Blues Shelter kembali merilis single kedua setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2022 mereka merilis single Jingga. Kali ini, trio Gugun, Bowie & Fajar melepas Down & Dirty seperti yang...

Keep Reading

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading