HIGGS merupakan unit pop alternatif asal Banjarmasin dengan komposisi Novan (gitar/vokal), Imam (gitar), Rolland (bass), Riduan (keyboard) dan Bayu (drum). Pada tanggal 22 September 2019 lalu, mereka telah resmi meluncurkan album penuh perdana yang diberi tajuk From This Island.

Band dengan komposisi Novan (gitar/vokal), Imam (gitar), Rolland (bass), Riduan (keyboard) dan Bayu (drum) tersebut memuat 9 nomor pada album tersebut. Masing-masing judulnya adalah Tangguh, Property of Destruction, The Colour is You, Tolerance Isn’t Enough, Throw to a Bin if You Don’t Like it, Bigger Than World, The Tension, Langkah Kecil, dan Damai.

Menurut Novan, pemberian judul tajuk From This Island berkaitan dengan tujuan para personil HIGGS yang ingin memperkenalkan karya-karya anak Kalimantan kepada Indonesia. Bukan tanpa sebab, pasalnya semua isi dari album tersebut, mulai dari proses rekaman, mixing mastering, lagu, dan artwork, dikerjakan oleh anak-anak muda Kalimantan.

From This Island direkam di Hollowlab Studio Banjarmasin, kemudian dibawa ke Samarinda Kalimantan Timur untuk dikerjakan mixing & masteringnya oleh Arie Wardhana (Kapital) dari Backstage Studio Samarinda. Untuk referensi sound, HIGGS mengaku banyak mengeksplorasi band macam The Beatles, U2, Coldplay,sampai the Temper Trap.

Proses rekamannya sendiri memakan waktu yang tidak sebentar. Hampir selama 4 tahun, HIGGS mencari inspirasi, mengeksplorasi bunyi, dan menemukan orang-orang yang tepat untuk diajak kerja sama dalam pembuatan album ini, hingga akhirnya From This Island lahir.

Album From This Island, kata Novan, berisikan tentang Cinta, Kedamaian, Semangat, dan Pengingat bahwa kita hanya manusia rapuh. “Kami berharap album ini bisa kalian jadikan pengingat, penumbuh cinta dan kasih, dan penyemangat melewati hari guna menaklukkan mimpi,” kata Novan. Silakan nikmati album From This Island melalui berbagai macam layanan musik streaming.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip HIGGS