Foto Langka David Bowie Karya Geoff MacCormack Akan Dipamerkan

Di dekade tahun 1970 sosok David Bowie adalah ikon untuk musik dan budaya populer. Tak aneh jika kemudian sosoknya ini kerap dikultuskan sebagai pembaharu citra seni dipelbagai lini kesenian kontemporer, entah itu musik, seni rupa, tata rias, busana, dan bahkan fotografi. Dalam foto-fotonya yang sudah tersebar luas kita bisa melihat  bagaimana penampilan David Bowie pada saat berada di puncak kreativitasnya, selain sebagai musisi tulen ia pun menjelma bak model sungguhan. 

Di balik itu, masih ada banyak foto David Bowie yang belum muncul kehadapan publik, salah satunya adalah foto-foto langka Bowie hasil tangkapan kamera Geoff MacCormack. Baru-baru ini tersiar kabar bahwa foto-foto langka karya sang fotografer tersebut akan ditampilkan dalam pameran di Brighton Museum & Art Gallery, Inggris pada Oktober bulan depan, tepatnya pada 17 Oktober hingga 6 Juni 2021. Setidaknya ada 60 foto langka David Bowie yang nantinya akan ditampilkan dalam pameran yang bertajuk “Rock ‘n’ Roll With Me Bowie / MacCormack 1973-76” itu. Nama ‘Rock ‘n Roll With Me’ sendiri adalah judul untuk sebuah lagu yang ditulis oleh MacCormack dan Bowie pada tahun 1974.

foto david bowie dan geoff maccormack

Gambar-gambar yang akan ditampilkan dalam pameran tersebut adalah karya orisinil dari Geoff MacCormack –di dunia musik ia lebih akrab dipanggil Warren Peace, ia adalah teman masa kecil David Bowie. Gambar-gambar itu diambil pada kurun waktu 1970-an. Pada saat dimintai bergabung dengan project Bowie and The Spiders, waktu itu MacCormack sedang bekerja sebagai penjual ruang iklan sebuah konstruksi bangunan di London. Setelah setuju untuk menjadi bagian dari band, MacCormack memulai tur tiga tahun dan bermain di berbagai rangkaian sebagai player band pendukung Bowie. Selain ikut bermain sebagai penyanyi latar, yang tak kalah penting adalah MacCormack dapat dengan leluasa mengambil puluhan foto David Bowie dalam berbagai aktivitasnya di belakang panggung.

“Those holiday snaps, as I call them, are sometimes even better than the one where he looks wonderful and heroic, which in a lot of them he does. They’re holiday snaps really,” ungkap MacCormack dikutip dari The Guardian.

Selain bergabung dalam serangkaian tur musik dunia bersama David Bowie, Geoff MacCormack yang belajar teknik fotografi secara otodidak itu pun terlibat dalam penggarapan musik dan pendokumentasian tujuh album yang David Bowie kerjakan, dari ‘Aladine Sane’ tahun 1973, Pin Ups (1973), Diamond Dogs (1974), David Live (1974), Station To Station (1976), Ziggy Stardust – The Motion Picture (1983), dan album Bowie at the Beeb (2000). Dari ketujuh album Bowie tersebut ia terlibat sebagai penyanyi latar.   Untuk album Station To Station sendiri, pada tahun 2007 ia mengangkatnya ke dalam sebuah film berjudul From Station to Station: Travels With Bowie 1973-76.    

Foto-foto yang nantinya akan dipamerkan adalah termasuk tangkapan foto dari film yang dibintagi David Bowie, yaitu ‘The Man Who Fell to Earth’ serta lebih banyak foto intim lainnya yang belum pernah dilihat sebelumnya oleh publik, termasuk foto-foto selama turnya dengan menggunakan kereta api Trans-Siberian Express.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Brightonmuseums.org.uk

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading