Feel Koplo Kemas "Eastern Man" Oscar Lolang Jadi Bahan Joget

Feel Koplo melakukan lagi kebiasaan mereka, menggubah ulang lagu orang jadi bahan jogetan. Kali ini, korban duo yang melabeli diri “manipulator musik” ini adalah rekan semanajemen mereka di Microgram, Oscar Lolang. Tembang andalan Oscar,”Eastern Man” diacak-acak oleh Maulfi “Tempe” Ikhsan dan Tendi Ahmad menjadi seperti pemuda aktivis yang mabuk di pesta rakyat.

Unit asal Bandung ini mengubah “Eastern Man” yang lekat dengan gitar akustik khas folk menjadi lebih pop elektronis di depan lagu. Itu berjalan hingga tamborin masuk dan memberi tanda akan masuknya dangdut koplo khas Feel Koplo yang sama-sama pendengar kenal.

Feel Koplo menyertakan sebuah video visualizer yang relevan untuk menemani hasil remix mereka yang ini. Video tersebut dibuka dengan penuh warna oleh kegiatan beberapa jenis cenderawasih, unggas endemik Papua. Lalu grading-nya beranjak lebih merah dan kelam memperlihatkan beberapa tubuh hewan sejenis yang sudah kaku. Selanjutnya, visual pun beranjak ke keadaan Papua, menunjukkan penambangan, keindahan alam, dan cara bergoyang warga di sana tentunya.

Oscar sendiri menyampaikan pesan orang yang tertindas di bagian timur Indonesia melalui “Eastern Man”. Feel Koplo mencoba membuat pesan itu terdengar lebih menyenangkan dan mencoba tetap relevan dengan videonya.

Sa pu mama mati karena tentara. Sa pu rumah hancur karena tentara. Sa su lama marah deng pemerintah. Dong su buat Papua menjadi merah,” lantun Oscar di tengah lagu.

Feel Koplo nampaknya sedang gencar-gencarnya meyakinkan orang bahwa mereka adalah musisi sejak tahun lalu. Setelah berkeliling dari panggung ke panggung tanpa karya yang dipublikasikan secara resmi, akhirnya Feel Koplo punya katalog di akun-akun penyedia musik digital. Isinya adalah beberapa hasil remix resmi dan karya mereka sendiri. Tahun lalu, Tempe dan Tendi merilis gubahan ulang dari “HUSH” milik Yellow Claw dan Weird Genius. Selain itu, mereka melepas sebuah single orisinil, “Akulutrasik”. Sebelumnya tahun ini, Feel Koplo melepas sebuah EP dengan tajuk A Culture A6, berisi tiga lagu orisinil dan tiga lagu remix resmi.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Feel Koplo

Tentang Syukur dan Hidup yang Tak Tertebak di Lagu Terbaru Alahad

Beranjak menjadi solis, Alahad, moniker dari Billy Saleh yang sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari band rock-alternative Polka Wars akhirnya kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini ia melepas sebuah nomor tunggal teranyar...

Keep Reading

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading