Feel Koplo Kemas "Eastern Man" Oscar Lolang Jadi Bahan Joget

Feel Koplo melakukan lagi kebiasaan mereka, menggubah ulang lagu orang jadi bahan jogetan. Kali ini, korban duo yang melabeli diri “manipulator musik” ini adalah rekan semanajemen mereka di Microgram, Oscar Lolang. Tembang andalan Oscar,”Eastern Man” diacak-acak oleh Maulfi “Tempe” Ikhsan dan Tendi Ahmad menjadi seperti pemuda aktivis yang mabuk di pesta rakyat.

Unit asal Bandung ini mengubah “Eastern Man” yang lekat dengan gitar akustik khas folk menjadi lebih pop elektronis di depan lagu. Itu berjalan hingga tamborin masuk dan memberi tanda akan masuknya dangdut koplo khas Feel Koplo yang sama-sama pendengar kenal.

Feel Koplo menyertakan sebuah video visualizer yang relevan untuk menemani hasil remix mereka yang ini. Video tersebut dibuka dengan penuh warna oleh kegiatan beberapa jenis cenderawasih, unggas endemik Papua. Lalu grading-nya beranjak lebih merah dan kelam memperlihatkan beberapa tubuh hewan sejenis yang sudah kaku. Selanjutnya, visual pun beranjak ke keadaan Papua, menunjukkan penambangan, keindahan alam, dan cara bergoyang warga di sana tentunya.

Oscar sendiri menyampaikan pesan orang yang tertindas di bagian timur Indonesia melalui “Eastern Man”. Feel Koplo mencoba membuat pesan itu terdengar lebih menyenangkan dan mencoba tetap relevan dengan videonya.

Sa pu mama mati karena tentara. Sa pu rumah hancur karena tentara. Sa su lama marah deng pemerintah. Dong su buat Papua menjadi merah,” lantun Oscar di tengah lagu.

Feel Koplo nampaknya sedang gencar-gencarnya meyakinkan orang bahwa mereka adalah musisi sejak tahun lalu. Setelah berkeliling dari panggung ke panggung tanpa karya yang dipublikasikan secara resmi, akhirnya Feel Koplo punya katalog di akun-akun penyedia musik digital. Isinya adalah beberapa hasil remix resmi dan karya mereka sendiri. Tahun lalu, Tempe dan Tendi merilis gubahan ulang dari “HUSH” milik Yellow Claw dan Weird Genius. Selain itu, mereka melepas sebuah single orisinil, “Akulutrasik”. Sebelumnya tahun ini, Feel Koplo melepas sebuah EP dengan tajuk A Culture A6, berisi tiga lagu orisinil dan tiga lagu remix resmi.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Feel Koplo

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading