“Farewell and Goodnight”: Single Penutup Petualangan album “Day By Day” Mocca

Sepanjang tahun 2020 hingga tahun ini, Mocca telah beberapa kali merilis beberapa karya terbarunya sebagai rangkaian petualangan album terbaru mereka “Day By Day”. Terhitung sudah enam belas bulannberlalu, sejak pertama kali lagu dari album “Day By Day” diperkenalkan kepada penikmat musik. Simple I Love You membuka perjalanan Day By Day di bulan Februari 2020, merilis album fisiknya dalam bentuk CD pada bulan November 2020, dan terakhir ditutup dengan dirilisnya single ke-9, “Farewell and Goodnight” pada tanggal 4 Juni 2021.

Riko Prayitno (gitaris) mengajak Enrico Octaviano, drummer dari grup band Martials dan Lomba Sihir di lagu ini. Enrico didapuk Riko Prayitno untuk memberi sentuhan synthesizer di lagu Farewell and Godnight. “Pengen kerjasama secara musikal, tapi di bidang yang gak umum seperti yang biasa dia (Enrico)  kerjakan” Riko menceritakan. Lagu-lagu Mocca tidak banyak yang menggunakan synthesizer, hadirnya Enrico menambahkan sentuhan unik dan modern di lagu Farewell and Goodnight ini.

Inspirasi awal dari lagu “Farewell and Goodnight” ini datang saat ibu mertua Riko Prayitno meninggal dunia. Di tengah kesedihan, ayah mertuanya harus tetap menjalani hidup. “Tugas Papa untuk menjaga Mama sampai akhir hayatnya sudah diselesaikan dengan baik, dan itu yang membuat Papa jadi real gentlemen” ujar Riko Prayitno saat menceritakan inspirasi lagu ini. Terciptalah lagu Farewell and Goodnight, berkisah tentang perpisahan, walaupun perpisahan menorehkan kesedihan yang mendalam namun kehidupan harus terus berlanjut.

Artwork lagu “Farewell and Goodnight” dibuat oleh Iyoichi, karyanya kali ini menggambarkan sepasang muda mudi yang sedang berpisah, keduanya memakai masker menjadi penanda jaman bahwa lagu ini hadir di masa pandemi covid 19. Foto resmi Mocca untuk lagu Farewell and Goodnight merupakan hasil bidikan Jovy Akbar, foto ini diambil di Galeri Salihara, Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Arina Ephipania (vokalis), Riko Prayitno (gitaris), Indra Massad (drummer), dan Toma Pratama (Bassist) berharap semua yang mendengarkan lagu “Farewell and Goodnight” dapat bangkit dan semangat melanjutkan hidup, di antara kesulitan yang sedang dihadapi. “Setiap detik kehidupan ini harus dihargai lewat senyuman dan hati yang gembira” tambah Arina Ephipania.

Single “Farewell and Goodbye” sudah tersebar dan dapat didengarkan di seluruh platform musik digital mulai tanggal 4 Juni 2021 kemarin.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Mocca

My Bloody Valentine Kritik Spotify Soal Lirik yang Salah

Di antara kalian pasti ada dong yang pernah memutar lagu di Spotify sambil menikmati fitur lirik yang disediakan. Lewat fitur ini, para pengguna Spotify bisa sambil bernyanyi sesuka hati. Tapi,...

Keep Reading

Patahan Imajinasi Masa Kecil di Nomor Terbaru Latter Smil

Latter Smil, duo asal kota Palu yang dihuni oleh Dian dan Eko, dipermulaan tahun 2022 ini kembali melepas karya teranyarnya bertajuk “Kalila”. Lewat single ini Latter Smil mencoba untuk memberikan...

Keep Reading

Perjalanan Skena Musik Ambarawa dalam Album Kompilasi They Hate Us

Terlihat dalam beberapa tahun terakhir, produksi album kompilasi skena musik lokal mulai kembali marak. Tercatat ada beberapa deretan kompilasi yang terbit pada setahun-dua tahun ke belakang, seperti Bikin Kompilasi: Bless...

Keep Reading

Dua Album Milik Semiotika Akhirnya Dilepas Secara Digital

Usai merilis album penuh bertajuk Eulogi, unit post-rock asal Jambi, Semiotika akhirnya merilis dua album terdahulunya Ruang (2015) dan album mini Gelombang Darat (2018) ke dalam format digital. Sementara album...

Keep Reading