Fajar Merah Lagukan Puisi untuk Adik

Musisi asal Solo, Fajar Merah, kembali merilis karya terbarunya. Kali ini Fajar Merah  menghadirkan “Puisi Untuk Adik” ke dalam format musik, sebuah alih wahana puisi dari karya sang bapak, Wiji Thukul. Menurut Fajar, pemilihan “Puisi Untuk Adik” karena di dalam kesehariannya ia kerap berhadapan dengan orang yang berjuang keras menghadapi kehidupan. Lebih jauh Ia sempat merasa bingung dengan kondisi sekarang, apa yang harus dilakukan untuk bertahan hidup.

“Apalagi sekarang lagi pandemi, tiap orang merasakan hal yang sama dalam berjuang mempertahankan keluarga-nya masing – masing” ungkapnya.

Di tangan Fajar, melalui aransemen musik-nya, puisi yang dibuat oleh sang ayah, Wiji Thukul, terasa semakin hidup. Barangkali hal itu juga dipengaruhi dengan hubungan emosional yang begitu  kuat, maka musik yang dihadirkan pun bukan hanya perkara tata bunyi semata. Bagi Fajar, musik adalah alat yang sangat berguna dalam mengkisahkan kembali apa yang ada di dalam hati dan pikiran. Ia mampu menjadi medium untuk bertukar pikiran sembari mendobrak pembatas lapisan strata sosial dan umur.

Dengan menghadirkan puisi ini ke dalam komposisi musik, Fajar berharap ketika mendengarkan lagu ini setiap orang bisa saling membantu, saling mendukung untuk melewati masa susah. “Apapun yang terjadi, jangan cuma pasrah. Berbuatlah sesuatu, se-sepele mungkin yang bisa bermanfaat buat kita, misalnya membuat karya” harap Fajar.

official artwork Puisi Untuk Adik

Membuat musik dengan format musikalisasi puisi memang bukan perkara mudah. Tantangan yang kerap dihadapi  Fajar adalah bagaimana membuat lagu tersebut tidak membosankan dan tanpa repetisi walaupun hal tersebut diakuinya cukup sulit untuk dihindari. Salah satu tantangan lainnya adalah dalam urusan mempertahankan teks dan konteks puisi itu sendiri. Tak bisa dipungkiri, ketika puisi dikemas ke dalam karya musik pasti selalu ada yang berubah. Namun Fajar mengatakan, ia mempunyai formula khusus ketika menginterpretasikan puisi ke dalam lagu-nya.

“Lebih ke bagaimana lagu itu bisa berjalan progresif, meminimalisir repetisi kalimat yang sama pada umumnya karena puisi hanya berjalan satu alur saja” jelasnya.

Di wilayah produksi, proses rekaman “Puisi Untuk Adik” dimulai sejak November 2020 dan baru selesai di Januari 2021. Sementara rekamannya sendiri dilakukan di Pregnant Pause studio, Solo. Selain dirilis dalam format audio, lagu tunggal ini pun dikemas ke dalam video musik yang disutradarai oleh D. Alfiant Hariyanto yang sudah rilis melalui channel YouTube-nya pada bulan Januari lalu. Dikabarkan, single ini merupakan bagian dari album baru yang masih belum ada judul dan kapan waktu rilisnya. Di sela sesi rekaman, bertemulah Fajar dengan Bandizt (Shaggydog) yang menawarkan diri menjadi produser.

“Waktu itu lagi gak ada kegiatan apa – apa terus ketemu Bandizt di rumah-nya” jelas Fajar. Obrolan ngalor ngidul yang kemudian berujung pada realisasi rekaman ini setelah beberapa rencana mereka sebelumnya gagal tercapai.

Bekerjasama dengan Doggyhouse Records, lagu tunggal “Puisi Untuk Adik” kini sudah tersedia diberbagai kanal pemutar musik digital. Di hari yang sama, Jumat (26/02) tepat pukul 19.00, Fajar Merah pun bakal melakukan live streaming via YouTube channel Fajar Merah Official. Jangan sampai terlewatkan!

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Doggyhouse Records

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading