Evolusi Baru Rock In Celebes di 2020

2020 adalah tahun yang penuh kejutan. Terlebih karena adanya pandemi ini, semua hal terasa cepat berlalu. Yang senantiasa berbahagia tentu saja ada, tetapi yang bersedih pun sangat banyak jumlahnya. Keadaan baiknya adalah, kita semua secara tidak langsung diberikan tantangan untuk menghadapi situasi yang bisa dibilang belum baik-baik saja, terlebih untuk negara ini. Hantaman demi hantaman keadaan kritis pun dilewati, berbagai inovasi juga lahir dari kondisi saat ini. Paling hebatnya adalah, semua saling merasakan kesusahan masing-masing dan berjuang untuk tetap lebih baik.

Tahun ini, Rock In Celebes memasuki usia kesebelas tahun. Tak mudah bagi sebuah festival musik untuk terus bertahan. Permasalahannya sangat kompleks jika membicarakan bagaimana sebuah festival musik bisa berhenti. Salah satunya adalah semangat dan solid, suatu hal yang sangat penting untuk terus dijaga. Atas dasar itu, Rock In Celebes masih ada hingga saat ini. Peranan para penikmat musik yang selalu setia menunggu festival ini juga menjadi salah satu harapan yang terus ada.

Perayaan festival Rock In Celebes kesebelas tahun ini membawa identitas baru bernama Ride In Celebes, yang akan digelar dalam dua format yaitu ‘online’ pada 26 Desember 2020, selama kurang lebih lima jam, mulai pukul 19.00 WITA di situs web soundstream.id, dan ‘offline’ pada 27 Desember 2020, selama sehari penuh, mulai pukul 10.00 WITA, mengambil tempat seru dan tetap aman untuk menjalankan acara dengan kondisi saat ini, di sebuah ruang kreatif ‘Bikinbikin Creative Hub’ yang begitu nyaman di dalam kawasan pusat belanja, Nipah Mall Makassar.

Untuk lineup yang ditampilkan, memiliki banyak kebaruan bagi belantika musik di Indonesia, mereka di antaranya kebanyakan adalah nama-nama segar dari kancah musik lokal, hingga musisi lawas, dengan berbagai jenis genre dan lintas generasi. Lebih dari 40 nama musisi, seniman serta pelaku lainnya akan hadir di berbagai ragam program di platform ‘online’, mulai dari ‘live stage’, ‘studio gigs’ hingga ‘collective showcase, yaitu: JAMRUD, EDANE, SUPERGLAD, THE HOTDOGS, ART2TONIC, UNREMAINS, SURGIR, RUANG BACA, RISINGROAD, DEFY, MURKA, LIZZIE, OSCAR LOLANG, SKY SUCAHYO, FEEL KOPLO, ELKARMOYA, BLEU HOUSE, WHITE CHORUS, THE COUCH CLUB, HEALS, FUZZY, I, ALVIN & I, ROCKET ROCKERS, CAPTIVATE, IFAN OHSI, PUJI RAHARJO, CHANDRA ‘SUNRISE’, FADLI ‘HOOLAHOOP’, dan juga tamu spesial akan hadir: HELVI SYARIFUDDIN (FFWD), TAMA RANDY (STAND UP COMEDY), WILDAN INDRA SUGARA (VISUAL ARTIST), SABIQ HIBATULBAQI (VISUAL ARTIST), dan ditemani ‘co-host’: ADLI HAFIDH, RADOVAN RAYNES, DWI LUKITA, WILDAN YUSRA, HARFIAN HERLANGGA, DIAZ KILLAZ, OLIVIA MEGA GUNTARI, RUDY ‘LYON’, MOCHAMAD ANDIKA & DENNY ‘KUBURAN’ serta ‘host’ utama: WENDI PUTRANTO & ANITA MAE. Selain penampilan dari puluhan lineup tersebut, juga terdapat 21 musisi akan mendapatkan penghargaan dari Rock In Celebes dalam peristiwa berkesan selama satu dekade (2010-2019).

Tidak hanya itu, program-program pada ‘offline’ juga tidak kalah menarik; selain ‘showcase’ musik dan film, juga membawa format pertemuan antara pelaku dengan penikmat berupa ‘trade show’ atau ‘expo’ hingga ‘conference’. Untuk pertama kalinya, dan dengan kondisi saat ini, semua pertunjukan Rock In Celebes tahun ini bisa dinikmati tanpa tiket, atau gratis, cukup melakukan register akun melalui situs web soundstream.id.

Perkembangan informasi terkini atau selanjutnya, juga bisa mengunjungi situs web rockincelebes.com dan media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) @rockincelebes. Termasuk bagi  penikmat atau kolektor atau yang menginginkan merchandise resmi, juga tersedia merchandise edisi spesial Rock In Celebes 2020 – Ride In Celebes melalui ‘online’ di situs web rockincelebes.com, mulai 26 Desember 2020 dan juga tersedia di lokasi ‘offline’ di Bikinbikin Creative Hub Nipah Mall, pada 27 Desember 2020. Bagi yang ingin korespondensi untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi melalui email: info@rockincelebes.com, atau melalu pesan langsung ke akun media sosial.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Rock In Celebes

Catatan Perjalanan Rich Brian di Album Mini Brightside

Rapper, penyanyi serta produser asal Indonesia, Rich Brian baru-baru ini resmi merilis album mini terbarunya yang bertajuk Brightside. Lewat album mini berisi 4 lagu ini Rich Brian mengatakan bahwa Brightside merupakan...

Keep Reading

Keseruan Selanjutnya di Soundhead Gig Vol. 3: Parsing Echoes

Tak bisa dipungkiri, pandemi yang terjadi beberapa tahun terakhir telah berhasil meluluhlantakan berbagai lini industri hiburan, tak terkecuali industri pertunjukan musik. Namun, ditengah tantangan yang ada, para pelaku industri terus...

Keep Reading

Kisah Cinta di Balik Pertunjukan Musik dari The Rang-Rangs

Trio punk rock asal Bekasi, The Rang-Rangs, kembali melanjutkan cerita asmaranya yang tak konvensional. Dalam materi terbarunya kali ini The Rang-Rangs mencoba mengangkat cerita persoalan jatuh hati di arena pertunjukan...

Keep Reading

Album Tersembunyi Mendiang January Christy Akhirnya Dirilis

Di era ‘80-an, tak sedikit orang yang mengidolakan January Christy. January Christy merupakan penyanyi pop jazz Indonesia yang unik. Range vokalnya tidak lebar, namun suaranya yang berat memberikan kenyamanan dan...

Keep Reading