Wednesday, 10 August 2022

Goethe-Institut Indonesien

Tahun ini, Goethe-Institut Indonesien genap berusia 60 tahun dan program musik Alur Bunyi telah memasuki tahun ke-6. Untuk merayakan momentum ini, konsep Alur Bunyi tetap diusung, namun dalam format yang lebih besar, yaitu festival. Sebanyak sembilan penampilan oleh musisi-musisi Indonesia lintas genre akan memeriahkan Festival Alur Bunyi yang berlangsung pada Sabtu, 10 September 2022 mulai pukul 14.00 WIB, di Goethe-Institut Jakarta.

“Kami sangat senang bisa untuk pertama kalinya menyelenggarakan Alur Bunyi dalam bentuk festival satu hari, yang menampilkan karya-karya terbaik dari kancah musik Indonesia. Kami mengajak keterlibatan semua genre musik dengan setara, mulai dari musik elektronik, eksperimental, tradisional, klasik, jazz, folk, hingga punk rock,” kata Elizabeth Soegiharto, Koordinator Program Goethe-Institut Indonesien, Jumat (19/8/2022).

Festival Alur Bunyi, yang berada di bawah arahan kuratorial komposer jazz Adra Karim, menghadirkan line up diantaranya Batavia Collective, Gardika Gigih + Tomy Herseta, Indomodular, Klassikhaus presents Windy Setiadi x Budi Utomo Prabowo, NonaRia, Nursalim Yadi Anugerah, Randombrothers x Dalilektra, Saturday Night Karaoke, dan Sri Hanuraga.

Elizabeth menambahkan, Festival Alur Bunyi akan terpusat di dua lokasi di Goethe-Institut Jakarta, yakni di GoetheHaus dan perpustakaan.

“Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta akan menjadi ‘panggung’ bagi Indomodular untuk bereksperimen merespons suasana di perpustakaan yang penuh buku.

Pengunjung juga berkesempatan mengenal sistem modular dengan mengikuti workshop oleh Indomodular,” ujarnya.

Gelaran ini terbuka untuk umum dan gratis. Registrasi masuk ke Festival Alur Bunyi sudah dapat dilakukan melalui tautan bit.ly/festivalalurbunyi.

Festival Alur Bunyi akan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku dalam situasi pandemi COVID-19, di antaranya penggunaan aplikasi PeduliLindungi saat memasuki area Goethe-Institut Jakarta serta penggunaan masker di ruang tertutup. Informasi lebih lanjut tentang festival ini akan rutin diumumkan melalui kanal Instagram @goetheinstitut_indonesien.

Goethe-Institut sendiri merupakan lembaga kebudayaan Republik Federal Jerman yang aktif di seluruh dunia. Kami mempromosikan pengajaran bahasa Jerman di luar negeri dan mendorong pertukaran budaya antarbangsa. Kami juga menyampaikan gambaran menyeluruh mengenai Jerman melalui informasi tentang kehidupan politik, sosial dan budaya di Jerman. Beragam program budaya dan pendidikan kami menyokong dialog antarbudaya dan memfasilitasi partisipasi kultural. Berbagai program tersebut memperkukuh struktur-struktur masyarakat madani dan mendukung mobilitas global.

Sedangkan untuk program Alur Bunyi adalah sebuah rangkaian konser yang menyoroti musik elektronik eksperimental sejak 2017. Seri konser Alur Bunyi yang diinisiasi Goethe-Institut Indonesien ini telah mengangkat praktik-praktik seni suara yang berada di luar perangkap kategorisasi.

Visual: Arsip dari Goethe-Institut Indonesien