Eva Celia Nyanyikan Lagu 'Chrisye'

Kolektif Suara Disko kembali menggarap sebuah proyek yang cukup berbeda dari sebelumnya, yakni sebuah proyek eksperimental bernama Studio Pop. Proyek gagasan Suara Disko ini merupakan salah satu upaya dalam membuat sebuah ekosistem bagi para produser, musisi, seniman dan juga para pelaku  industri untuk berkolaborasi dalam sebuah karya seni.

Dengan menggulirkan sebuah program audio visual bernama Studio Pop Show, kali ini Suara Disko menyajikan gambaran aktivitas di balik penggarapan sebuah karya yang dibagi menjadi beberapa episode. Sedangkan untuk proyek perdananya, Studio Pop Show akan menceritakan perjalanan duo disc-jockey Diskoria yang ditantang untuk berkolaborasi dengan produser dan seniman lainnya dalam mengasilkan sebuah lagu dalam waktu kurang dari 24 jam.

Dalam programnya kali ini, beberapa seniman lain juga terlibat dalam proyek kolaborasi eksperimental ini. Eva Celia menjadi kolaborator yang menyanyikan lagu yang diberi judul “Chrisye”. Menariknya, ketika proses penggarapan lagu, diceritakan Eva melakukan perekaman vokal di tempat terpisah, yakni di studionya sendiri dalam waktu bersamaan, di mana segala arahan dilakukan secara virtual. Akhirnya, dengan eksekusi yang efektif, Diskoria, Laleilmanino dan Eva Celia mampu menyelesaikan lagu ini dengan total waktu pengerjaan kurang lebih 20 jam.

Setelah lagu “Chrisye” diselesaikan, selanjutnya giliran penggarapan visual dilakukan. Dalam proses ini Diskoria mengajak Gianni Fajri untuk terlibat dalam projek dan mempercayainya sebagai sutradara video klip. Perempuan yang akrab disapa Gian itu hanya mempunyai waktu kurang dari seminggu untuk memikirkan ide kreatif hingga penggarapan video klip. Ini memang bukan projek kolaborasi perdana Diskoria, sebelumnya mereka bekerjasama dengan trio produser, Laleilmanino. Buah dari kerjasamanya tersebut Laleilmanino sudah menggarap dua rilisan Diskoria terdahulu, yakni “Balada Insan Muda” dan “Serenata Jiwa Lara”.

Sementara untuk perilisannya, lagu “Chrisye” sendiri dijadwalkan akan bisa dinikmati diberbagai toko musik digital mulai tanggal 15 Januari 2021 mendatang. Sambil menunggu tanggal perilisan lagu, kini kalian bisa menikmati segala keseruan dibalik penggarapan lagu dan video klip “Chrisye” yang terangkum dalam 3 episode Studio Pop Show yang telah tayang di situs www.studiopop.id, dan bisa disaksikan secara gratis.

Seperti apakah hasil kolaborasi Diskoria, Laleilmanino & Eva Celia pada lagu yang berjudul “Chrisye” dan seperti apakah visualisasi yang diterjemahkan oleh Gianni Fajri. Kalian bisa mendapatkan semua jawabannya dan juga berbagai informasi dari tokoh-tokoh di ranah kultur-pop melalui situs dan media sosial Studio Pop.

Andai masih ingat, beberapa bulan ke belakang Suara Disko telah merilis projek teranyar Diskoria yang melibatkan Afiffah Yusuf, seorang penyanyi solo muda yang tak lain adalah anak dari diva bernama Hetty Koes Endang. Kolektif musik Diskoria yang sangat dikenal berkat dua nama dibelakangnya yaitu Merdi Leonardo dan Fadli Aat ini pun mendaur ulang lagu yang berjudul “Pelangi Cinta” milik sang ibunda dari Afifah di era 80an. Sama halnya dengan Affifah  Yusuf, dalam projek terbarunya ini Diskoria menggaet Eva Celia yang tak  lain adalah anak dari musisi  jazz kenamaan, Indra Lesmana.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Suara Disko

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading

Single Teranyar eleventwelfth Yang Menuju Album Terbaru

eleventwelfth hanya membutuhkan satu bulan untuk merilis single terbaru yang diberi tajuk “every question i withhold, every answer you never told” setelah sebelumnya melepas “(stay here) for a while” dari...

Keep Reading