EP Who Suffer?, Jalan Keluar Defy dari Kekacauan Pandemi

Grup metallic hardcore dari kota Palu, Defy, baru-baru ini telah meluncurkan sebuah album mini bertajuk Who Suffer?. Perilisan album ini juga sekaligus sebagai tanda berjalannya kerja sama antara Defy dan label rekaman Greedy Dust.

Lewat album berdurasi 11 menit ini, Elan sang vokalis sedang bercerita tentang tema keseluruhan dari album mereka. Menurut penuturannya, Who suffer? adalah kisah tentang keadaan awal mula dan dampak Covid-19 yang Elan dan member Defy rasakan di kota mereka, Palu. Hancurnya sistem perekonomian, hilangnya jiwa kemanusiaan, PHK dimana-mana hingga krisis kepercayaan adalah tema-tema yang diambil Elan dalam membuat lirik lagu di album Who Suffer? ini.

Dengan dirilisnya album ini pulan, Elan dan member Defy lainnya membuktikan bahwa mereka dapat keluar dari belenggu Covid-19 dan melahirkan album tersebut.

Dari sisi proses kreatif,  Who Suffer? digarap langsung oleh Elan yang merupakan illustrator yang cukup berpengaruh di skena underground Indonesia, khususnya di ranah musik hardcore. Untuk teknis perekamannya sendiri dikerjakan di Rumah Nada Recording,Palu. Sedangkan untuk proses mastering dikerjakan oleh Satrio Utomo Gdari riffin Studio, Malang (Dazzle, Bizarre).

Sedikit perkenalan, Defy adalah unit yang tumbuh di kota Palu Sulawesi Tengah yang dihuni oleh Elan (vokal), Safar (gitar), Bintang (bass), dan Dedi (drum). Defy dibentuk pada tahun 2018 dengan nama Oh Shit yang memainkan musik hardcore punk. Setelah beberapa member Oh Shit hengkang, Elan dan beberapa member Oh Shit lain memutuskan untuk membentuk Defy dengan konsep dan musik yang berbeda. Defy memainkan musik hardcore punk yang dipadukan dengan elemen old school death metal, dimana riff-riffnya terasa tidak biasa namun begitu padat.

Kini album Who Suffer? sudah tersedia di berbagai kanal pemutar musik digital. Album ini juga bakal dirilis dalam format kaset pita dengan jumlah terbatas.

Editor: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Greedy Dust

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading