Eksperimen Baru Remissa

Kota Malang yang dingin tak membuat para anak mudanya bersantai begitu saja. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya insan kreatif yang hadir dari berbagai lintas disiplin, musik apalagi. Salah satu yang sering malang melintang di panggung gigs kota Malang adalah Remissa. Band yang hadir sejak 2014 ini baru saja merilis sebuah single baru yang diberi judul “Harap-Harap Cemas”. Remissa masih berbicara mengenai isu-isu sosial seperti yang diekspresikan dalam karya-karya mereka sebelumnya. Kali ini, Rizky Toar (vokalis/gitaris) selaku penulis lirik mengaku inspirasi untuk single ini hadir dari penuturan langsung seorang kawannya yang menceritakan tentang kecemasan dirinya dalam menghadapi kehidupan.

“Teman saya ini adalah seorang kepala keluarga yang merupakan seorang pekerja lepas. Dirinya sering curhat ke saya kalau dia sampai frustasi dengan kehidupannya yang harus dikejar hutang tiap harinya. Dia pernah berpikiran gila bahwa dia menganggap Tuhan sudah tidak menyayangi dia. Lewat lagu ‘Harap-Harap Cemas’ ini saya mencoba mewakili apa yang dirasakan oleh kawan saya tersebut atau sekiranya juga bisa mewakili orang-orang di luar sana yang bernasib sama.” Terang Rizky Toar. 

Jika isu yang diangkat masih sama seperti karya-karya sebelumnya, beda hal dengan musik yang dihadirkan. Di single ini, mereka mencoba untuk menghadirkan sesuatu yang baru dengan menyiasati formula yang sebelumnya belum pernah mereka sentuh. Seperti dari aransemen musik, nuansa vokal, hingga peralatan yang digunakan untuk rekaman tak lepas dari eksperiman guna mendapatkan hal baru untuk single ini.

“Kali ini kami mencoba bereksperimen dengan hal hal yang baru, seperti bunyi drum yang sangat digital, karakter vokal yang agak mendayu-dayu di bagian reff-nya, dan beberapa suara pads yang kami masukan ke dalam lagu,” terang gitaris, Rizqtsany.

Lalu, single ini juga adalah sebuah jembatan untuk menuju album terbaru Remissa yang menurut rencana akan dilepas di tahun ini. Mengingat kondisi saat ini yang memaksa banyak orang untuk merubah jadwal dan kebiasaan, para personil Remissa mencoba dengan maksimal agar bisa terus produktif sembari terpaksa berkegiatan di rumah. Banyak hal mereka kerjakan, dari mempersiapkan banyak hal seperti online workshop sampai dengan persiapan untuk desain website yang nantinya akan digunakan sebagai wadah arsip. Selain berbentuk audio, single “Harap-Harap Cemas” juga akan dirilis dalam bentuk video lirik yang digarap oleh kawan mereka yaitu, Alit Arinatha Putra yang bertugas sebagai illustrator, dan Alfian Setya selaku animator.

“Semoga saja kawan-kawan di luar sana yang merasakan hal sama, bisa ikut juga tergugah dengan pesan yang dituangkan lewat lagu ini.” Tutup Remissa.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Remissa

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading

Single Teranyar eleventwelfth Yang Menuju Album Terbaru

eleventwelfth hanya membutuhkan satu bulan untuk merilis single terbaru yang diberi tajuk “every question i withhold, every answer you never told” setelah sebelumnya melepas “(stay here) for a while” dari...

Keep Reading