Eksebisi Everything in Between: Kisah Bersepeda dari Nijmegen ke Jakarta

Pasangan Diego Yanuar dan Marlies Fennema punya cerita yang tidak biasa. Mereka melintasi batas-batas negara dan menaklukan diri sendiri; bersepeda dari Nijmegen di Belanda ke Jakarta, ibukota Indonesia dalam sebuah petualangan bertajuk Everything in Between. Mereka menghabiskan waktu setahun untuk menggali berbagai macam sisi dunia yang bisa jadi tidak bisa dilihat dengan kasat mata.

Cerita mereka menjadi ramai dan keluar dari kotak dunia persepedaan ketika kandungan misinya mulai tersebar ke orang banyak. Salah satunya karena video ini:

Sepanjang durasi perjalanan, Diego dan Marlies membuka halaman donasi yang ditujukan pada orang-orang yang menyimak petualangan mereka. Nantinya, hasil donasi tersebut diberikan pada tiga organisasi yang didukung, yaitu Lestari Sayang Anak, Jakarta Animal Aid Network dan Kebun Kumara.

Selepas perjalanan itu selesai, menyebar pulalah kisah baik yang inspiratif. Diego dan Marlies pun menggelar sebuah eksebisi yang menunjukkan pada publik luas sebagian kecil penghilatan dan pengalaman yang mereka catat di dalam memori sepanjang perjalanan.

Di Kopi Kalyan, Barito II, Jakarta Selatan, publik diundang untuk masuk ke dalam rasa hidup setahun di jalanan. Berpindah dan merasakan bentangan alam yang bermacam-macam dan bertemu banyak tipe orang. Eksebisi ini, merupakan versi pendek dari seluruh kisah yang mereka tayangkan di www.everythinginbetween.nl, situs resmi yang juga menjadi titik kontak publik untuk mengikuti perjalanan mereka setahun kemarin.

Ia tidak bisa berdiri sendiri, tapi sekedar menjadi pembuka pada sebuah dimensi kisah yang lebih luas, yang lebih liar dari sekedar instalasi di sebuah ruang beton.

Kami berkunjung dan merekam sedikit. Tentu saja, akan jauh lebih menyenangkan jika bisa dilihat dengan mata kepala sendiri. Eksebisi ini berlangsung hingga Minggu, 24 Maret 2019. Jika beruntung, mungkin bisa bertemu langsung dengan Diego dan Marlies yang murah hati menceritakan kisah mereka dan berbincang-bincang. (*)

Teks dan foto: Felix Dass

Mocca Gelar Konser di Metaverse

Di ranah musik, kini istilah blockchain bukan lagi suatu hal yang asing. Sebelumnya, penjualan karya lewat NFT sudah banyak dilakukan oleh musisi, kini konser musik di metaverse pun menjadi salah...

Keep Reading

Trailer Film Biopik Sex Pistol Resmi Dirilis

Kabar baik untuk kalian para penggemar Sex Pistols. Baru-baru ini (4/4) FX Networks telah merilis trailer resmi untuk serial film biopik Sex Pistols berjudul “Pistol”. Film yang dikabarkan bakal tayang...

Keep Reading

Pemerintah Ukraina Bangun Museum Perang dalam Aset NFT

Invasi Rusia atas Ukraina terus berlanjut. Di tengah kekacauan yang terjadi, tentu banyak korban yang berjatuhan, entah itu dari satuan militer atau pun warga sipil yang tak bersalah. Perang yang...

Keep Reading

Terhubung Langsung di Collabonation Creative City Edisi Bandung

Setelah mengunjungi Makassar, Medan, dan Malang, Collabonation Creative City kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini Bandung yang menjadi titik pemberhentiannya. Collabonation Creative City hadir membawa semangat baru melalui rangkaian kegiatan salah...

Keep Reading