“Easly”: Kontradiksi Akal Sehat dan Nafsu oleh Castè

Cukup klise ketika mengatakan “cinta itu buta” namun hal itu juga menjadi cerita yang cukup melekat dengan kehidupan dan lingkungan sekitar kita. dimana cinta menjadi sebuah hal yang candu, yang dapat membuat seseorang sangat menggantungkan hidupnya kepada pasangannya, meskipun dengan sebuah hubungan yang tidak sehat. Namun ketika dapat keluar dari hubungan yang sehat, tidak akan menutup kemungkinan juga untuk dapat mengeluarkan segala potensi yang ada didalam diri kita. hal ini juga yang dibawa oleh Castè band asal Jakarta yang sebelumnya yang sudah berhasil merilis dua single pada bulan Februari dan Maret lalu yang berjudul “Angel Dust” dan ‘Bermula’. Lalu kali ini, Castè kembali merangkum pertentangan antara otak dan hati dalam lagu yang diberi judul “Easily”.

“Banyak temen disekeliling gue yang pacaran, sadar dan tau bahwa hubungannya gak sehat tapi tetep dilanjutin. Istilahnya kecintaan lah, ya.” tutur Farhan, drummer Castè dalam siaran persnya. “Tapi sekali lo niatin untuk lepas dari hubungan itu, percaya sama gue kalau semua potensi di diri lo bakal berkembang. Been there, done that and now I’m happier than ever.” tambah Ikalya, yang berperan juga sebagai penulis lagu.

Castè Band asal Jakarta yang terbentuk pada tahun 2018 ini menjelaskan bahwa latarbelakang lagu  “Easily” ini berangkat dari kisah percintaan yang cenderung tidak sehat. Castè menggambarkan kisah cinta dalam suatu hubungan dari sudut pandang satu pihak yang paling dirugikan.

Pertentangan antara akal sehat dan nafsu dimaksudkan pada ketergantungan satu pihak pada pasangannya yang ‘verbally abusive’, namun tetap memutuskan untuk tinggal karena satu dan lain hal. Lagu yang menjadi single keempat Castè ini diproduseri langsung oleh sang gitaris, Rahardika, dibawah payung records miliknya yakni Swaravega Records. Bertepatan dengan hari ulang tahun sang vokalis Ikalya, single “Easily” dirilis pada tanggal 30 April 2021 lalu, dan sudah dapat dinikmati di seluruh platform musik digital.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Castè