Earhouse Songwriting Club, Endah N Rhesa, dan Kamga Ungkapkan Kecintaan pada Bumi

Earhouse Songwriting Club adalah komunitas pencipta lagu yang diinisiasi oleh duo Endah N Rhesa sejak tahun 2014 melalui pertemuan rutin di Earhouse Pamulang, Tangerang Selatan. Setiap pekan, mereka melakukan pertemuan dan membebaskan siapa pun yang ingin bergabung untuk bertukar pikiran, memperdengarkan lagu, berdiskusi, dan memberikan apresiasi.

Senin (1/11) kemarin, mereka merilis sebuah klip video untuk lagu berjudul “Planet Biru”. Klip untuk lagu yang mengungkapkan kecintaan terhadap Bumi tersebut memperlihatkan proses produksi lagu. Ada 11 penulis yang terlibat dalam penciptaan lagu ini, termasuk Kamga yang sekaligus berperan sebagai penata musik, pengarah vokal, dan produser pendamping. Endah N Rhesa sendiri ikut terlibat sebagai produser.

“Lagu yang bercerita tentang betapa indahnya bumi ini jika kita terus berusaha untuk melestarikannya. Hubungannya pula dengan Earhouse jadi sebuah tindak lanjut terhadap kegelisahan kami akan sampah plastik, dengan melakukan langkah kecil yaitu mengganti kemasan plastik sekali pakai menjadi kemasan yang lebih ramah lingkungan, lagu ini mewakilkan rasa cinta kami kepada lingkungan dan bumi kita tercinta,” tulis Earhouse Songwriting Club dalam keterangan unggahan Instagramnya.

Proses pembuatan lagu ini lumayan instan. Kamga datang ke studio Earspace dengan aransemen musik dasar. Lalu kesebelas anggota komunitas mencari bagian lirik yang akan mereka nyanyikan. Kamga sendiri dipilih untuk memberi pengalaman berbeda untuk para penulis Earhouse Songwriting Club. “Biasanya mereka menulis lagu dengan instrumen gitar atau piano, bunyi yang akrab dengan telinga mereka. Sekarang mereka harus menciptakan lagu dengan aransemen elektronik. Ini membuktikan bahwa kita akan tetap bisa menulis lagu dengan musik pengiring apa pun,” ujar Rhesa dalam keterangan video di Youtube.

Keinstanan penciptaan “Planet Biru”  juga diakui para anggota Earhouse Songwriting Club yang terlibat. “11 orang penulis lagu yang terlibat dalam proses pembuatan lagu “Planet Biru” menuliskan liriknya dalam waktu teramat singkat karena begitu selesai langsung direkam!! LOL! Roro Jonggrang banget, ya! Proses rekaman vokal saat lirik dibuat dan video dilakukan dalam waktu satu hari!” tulis mereka di keterangan unggahan yang lain.

Ini merupakan lagu kedua yang diluncurkan para anggota Earhouse Songwriting Club. Pada 2018 silam, mereka juga merilis sebuah tembang yang relevan dengan kegiatan mereka, yaitu “Menulis Lagu”. Solois rok akustik komedik, Amboro, bisa dilihat terlibat dalam video untuk lagu tersebut.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Youtube/Earhouse by Endah N Rhesa

 

Catatan Perjalanan Rich Brian di Album Mini Brightside

Rapper, penyanyi serta produser asal Indonesia, Rich Brian baru-baru ini resmi merilis album mini terbarunya yang bertajuk Brightside. Lewat album mini berisi 4 lagu ini Rich Brian mengatakan bahwa Brightside merupakan...

Keep Reading

Keseruan Selanjutnya di Soundhead Gig Vol. 3: Parsing Echoes

Tak bisa dipungkiri, pandemi yang terjadi beberapa tahun terakhir telah berhasil meluluhlantakan berbagai lini industri hiburan, tak terkecuali industri pertunjukan musik. Namun, ditengah tantangan yang ada, para pelaku industri terus...

Keep Reading

Kisah Cinta di Balik Pertunjukan Musik dari The Rang-Rangs

Trio punk rock asal Bekasi, The Rang-Rangs, kembali melanjutkan cerita asmaranya yang tak konvensional. Dalam materi terbarunya kali ini The Rang-Rangs mencoba mengangkat cerita persoalan jatuh hati di arena pertunjukan...

Keep Reading

Album Tersembunyi Mendiang January Christy Akhirnya Dirilis

Di era ‘80-an, tak sedikit orang yang mengidolakan January Christy. January Christy merupakan penyanyi pop jazz Indonesia yang unik. Range vokalnya tidak lebar, namun suaranya yang berat memberikan kenyamanan dan...

Keep Reading