Duo Charita Utami dan Yudhistira Mirza Kemas Cerita Kehidupan di Single Baru

Sosok siapa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian saat nama Midnight Quickie atau The Trees and The Wild disebutkan? Pasti langsung tertuju ke sang vokalis yaitu Charita Utami. Memang ya sosoknya itu, selain pandai menyanyi, kharismanya juga tak bisa dipungkiri. Lalu, juga ada Yudhistira Mirza yang dulu sempat tergabung di Parisude dan telah malang melintang di industri musik tanah air. Kini, keduanya kembali, tidak dengan proyek masing-masing. Lebih dari itu, keduanya kembali sebagai duo yang akan menghadirkan musik bentuk baru bagi para pecinta musik di tanah air. Sebenarnya proyek duo ini tidak baru-baru amat, pertemuan keduanya pun terjadi di tahun 2015 silam, dari sana mereka mencoba untuk meracik banyak materi yang kemudian direkam dan pada tahun 2018 dilepas menjadi sebuah mini album yang berjudul “Detak”.

Di 2020 ini, keduanya pun tengah mempersiapkan segala hal untuk rilisan terbaru mereka yang akan dirilis di waktu kedepan. Sebagai pertanda atas kembalinya duo ini dan juga untuk gerbang awal dari EP yang akan hadir, keduanya merilis satu buah single baru yang diberi judul “Usai Usia” beberapa waktu lalu. Dalam lagu yang sudah bisa didengarkan di berbagai gerai layanan musik dalam jaringan ini, mereka seperti menginterpretasikan ragam hubungan yang terjadi di kehidupan sosial (manusia ke manusia), juga dengan alam semesta, dan paling utama adalah dengan sang pencipta.

Di lagu ini juga, keduanya mencoba untuk memberikan kita sebuah pengalaman mendengarkan dan meresapi perihal proses perjuangan banyak orang demi mencari tujuan hidupnya. Terlebih lagi bila kita mengalami fase di titik terendah dalam hidup dan kemudian bertemu dengan seseorang atau sesuatu yang menambah daya positif serta semangat untuk terus melanjutkan kehidupan dengan lebih banyak perkembangan lainnya. Saling menjaga dan menghidupkan hingga sampai di perhentian terakhir.

“Kami ingin kita lebih peka terhadap lingkungan di sekitar kita, dan ketika kita sudah menemukan sesuatu yang penting dalam hidup kita, ingin kita berbuat sebaik mungkin untuk selalu menjaga dan tumbuh dan mempertahankannya bersama. Kesulitan itu akan selalu ada sampai kita usai di bumi, lelah tak apa asal tidak berputus asa.” Ujar Charita Utami & Yudhistira Mirza.

Usai Usia” ditulis oleh Yudhistira Mirza, dan diaransemen bersama Charita Utami. Selain itu, ada nama-nama lain yang turut terlibat dalam lagu ini, ada Pandji Putranda yang mengisi Grand Piano, Ricky Virgana pada Bass, kemudian mixing dan mastering oleh Morizh Ballo di Syaelendra Studio.

Kondisi saat ini dengan segala keterbatasannya memang butuh perhatian khusus, dan memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku musik di seluruh dunia, begitu pula yang dirasakan oleh mereka yang ada di Indonesia. Situasi yang menuntut untuk beradaptasi dengan kondisi agar bisa membuka kemungkinan baru untuk mengakali situasi. Tantangan ini juga memberi kesempatan bagi perupa generasi baru untuk bereksperimen dan bisa memberikan kontribusi serta solusi dalam kehidupan bermasyarat dan menghadirkan sebuah karya yang berfungsi untuk kemaslahatan orang banyak. Lagu ini diharapkan bisa menjadi nafas segar di industri musik Indonesia secara musikalitas, serta menjadi pengingat bagi diri masing-masing melalui lirik yang dituangkan.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Bobby Chaniago

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading