Dengan mengusung perpaduan hardcore punk, power violence, juga crust punk, band asal Yogyakarta bernama Virtual Doom telah resmi merilis album perdananya, “Trapped Waste” ke dalam bentuk kaset dan CD . Terciptanya paket karya tersebut tak lepas dari peran dua label rekaman kondang yaitu Samstrong Records serta Otakotor Records yang berkolaborasi demi merayakan Cassette Store Day pada 12 Oktober 2019 laluu.

Dibentuk pada tahun 2013, band dengan formasi awal Fika (vokal), Tamim, dan Rangga (drum) tersebut sempat mengistirahatkan diri di tahun 2014 karena kesibukan masing-masing persoinil yang begitu padat. Seiring berjalannya waktu, unit tersebut bangkit kembali dengan perubahan komposisi: Fika (vokal), Rangga (gitar), dan Soplo (drum).

Sebelumnya dengan formasi awal, band tersebut mengarahkan musiknya pada jenis Fastcore/Thrashcore dan menghasilkan demo berisi 4. “Trapped Waste” sendiri akan berisikan 6 nomor yaitu “Existence Martyr”, “Paralyzed”, “I Thirstea (Greedy Mouth cover)”, “Paranoia”, “Rape Me In a Binary Holes”, dan “A Poisonous Space”. Album tersebut bercerita mengenai pengalaman keseharian mereka dalam menghadapi kehidupan dunia baru yang semakin antah berantah. Dari mulai kisah tentang mempertahankan eksistensi hingga gempuran modernisasi.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Samstrong Records