Dua Sisi Kehidupan Kerabat Kerja dan Ifan Ohsi

Band yang dikenal sebagai pengiring Fiersa Besari ini nyatanya tak ingin terjebak dalam bayang-bayang nama besar figur yang diiringinya. Yaps. Mereka adalah  Kerabat Kerja. Semenjak Fiersa Besari memutuskan untuk rehat bermain musik, Kerabat Kerja terus lanjut dan menunjukan konsistensi dalam bermusik, setidaknya di tahun 2019 mereka  telah meluncurkan sebuah album pendek bertajuk “Menangkap Udara” lalu diikuti dengan melepas 4 single selanjutnya.

Untuk membuka tahun 2021 ini, Kerabat Kerja yang digawangi oleh Dika Kusuma (vocal), Dikuy Astapradja (gitar), Ricky Ramadhan (bass), dan Budi Tjahjana (drum) ini kembali merilis karya terayarnya. Tak cukup disana, namun dalam lagu tunggal ke-5 ini pun Kerabat Kerja menggaet Ifan Ohsi sebagai kolaboratornya. Diberi judul ‘Semua Akan Berakhir’, lagu ini kurang lebih merupakan  seruan Kerabat Kerja dan Ifan Ohsi untuk bangkit dan melanjutkan hidup dari keterpurukan yang terjadi.

Melalui siaran pers yang diterima, dikabarkan musik dan lirik ‘Semua Akan Berakhir’ dibuat oleh Dikuy. Secara garis besar lagu ini menceritakan tentang betapa sulitnya seseorang untuk berdamai dengan dirinya sendiri. Setiap manusia mempunyai dua sisi di dalam hidupnya, yaitu sisi positif dan negatif.

Betapa sulitnya untuk menyatukan kedua sisi tersebut, dalam lagu dengan tajuk “Semua Akan Berakhir” Dikuy berupaya untuk menceritakan bagaimana sisi positif ini agar berkembang dan memberi energi kuat untuk membangun diri sendiri saat seseorang sedang dalam titik terendah dalam hidupnya. Pada dasarnya keterpurukan akan berakhir disaat kita bisa berdamai dengan diri sendiri.

Di wilayah proses penggarapan lagu pun terselip cerita menarik. Meskipun berada di kota berbeda ditambah lagi dengan situasi pandemi yang juga belum juga mereda, nyatanya lagu ini tetap bisa diselesaikan. Mereka merekam lagu ini di kotanya masing-masing.

“Proses penggarapan lagu ini sempat terkendala jarak karena kita dan Ifan berbeda Kota, bahkan saat timeline sudah terbentuk dan waktu rekaman hanya menghitung hari, beberapa kota memberlakukan PSBB. Rekaman yang direncanakan di Bandung akhirnya harus dilakukan di kota masing-masing, ada hal baru dan menarik memang bekerja sama pada situasi pendemi dan lintas kota,” tambah Dika vokalis Kerabat Kerja.

kehadiran Ifan Ohsi telah cukup membuat lagu ini terdengar berbeda dari lagu-lagu Kerabat Kerja sebelumnya. Dengan sentuhan karakter suara yang khas, Ifan Ohsi berhasil melebur bersama Dika Kusuma, Mereka berhasil menyanyikan lagu ini dengan apik. Untuk Kerabat Kerja sendiri, ini adalah kali pertama mereka kolaborasi sebagai Band yang merilis karya. Beda halnya dengan Ifan Ohsi yang pernah berkolaborasi dengan Aska Rocket Rockers dengan single “Rasakan Dunia”.

Kini lagu ‘Semua Akan Berakhir’ sudah tersedia dipelbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mendengarkan.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Kerabat Kerja

 

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading