Sudah dua tahun lamanya sejak Nine Inch Nails merilis album terakhirnya “Bad Witch” ke khalayak ramai. Kini, mereka kembali lagi dengan merilis dua album sekaligus. Kedua album yang diberi judul “Ghosts V: Together” dan “Ghosts VI: Locusts” itu telah rilis melalui kanal YouTube serta situs resmi milik mereka.

Kedua album yang tersedia secara gratis ini dapat diunduh di situs milik mereka dan memiliki total materi sebanyak 23 lagu, di mana album “Ghost V: Together” memiliki 8 lagu, dan “Ghost VI: Locusts” memiliki 15 lagu. Reznor dan Ross menjelaskan di situs web mereka bahwa “Ghosts V: Together” dan Ghosts VI: Locusts” adalah hasil dari kegelisahan mereka pasca karantina dan hal tersebut mendorong mereka untuk menyelesaikan musik yang telah lama didiamkan.

“Musik, apakah itu didengarkan, dipikirkan atau diciptakan. Musik selalu menjadi suatu hal yang selalu membantu kami melewati banyak masa, entah itu baik ataupun buruk. Lalu, melihat kejadian hari ini yang semakin memburuk dan juga mendapati kami seperti tidak kebingunan di antara perasaan putus asa dan juga harapan yang selalu berubah, kami memutuskan untuk merilis album ini untuk kita semua.” Tulis mereka di laman situs nin.com.

Album ini memang sengaja dirilis untuk memberikan rasa nyaman kepada para penggemar ataupun orang yang belum kenal mereka. Dan juga tujuan dari dirilisnya album ini adalah untuk menemani orang-orang agar tak merasa sendiri di saat menjalani masa karantina di rumah.

“WE LOOK FORWARD TO SEEING YOU AGAIN SOON.
BE SMART AND SAFE AND TAKE CARE OF EACH OTHER.”

“WITH LOVE,
TRENT & ATTICUS”

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Nine Inch Nails