Down For Life Dedikasikan Nomor "Children Of Eden" untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Usai melepas dua nomor “Mantra Bentala” dan “Apokaliptika” di 2020 lalu, di permulaan tahun 2022 ini (15/01) legiun metal kebanggan kota Solo, Down For Life, kembali ke arena musik ekstrim dengan membawa materi baru bertajuk “Children Of Eden“. Melibatkan dua personel baru, nomor “Children Of Eden” didedikasikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Lagu yang mengangkat cerita tentang anak-anak berkebutuhan khusus ini terinspirasi dan dipersembahkan untuk Malik, anak kedua dari Kukuh Prasetyo Hadi, kerabat dekat Down For Life, serta Keysha, keponakan dari Stephanus Adjie. Adjie berpendapat bahwa keduanya dan anak berkebutuhan khusus lainnya tidak pernah memilih untuk terlahir dengan kondisi tersebut.

“Meski memiliki beberapa keterbatasan, namun dengan hebatnya mereka tumbuh sebagai pribadi yang luar biasa tanpa perlu meminta kasih sayang berlebih atau pun kesempatan spesial, keduanya justru lebih ingin mendapat perlakuan yang sama seperti orang lain dan sebagai manusia sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.” Ungkap sang vokalis, Stephanus Adjie.

Karena jarak di mana para personil berada di beberapa kota berbeda, penggarapan “Children Of Eden” sendiri terbilang cukup panjang, yakni dikerjakan sejak 2019. Selain itu Lewat lagu ini pula Down For Life memperkenalkan dua anggota baru, Mattheus Aditirtono (bas) dan Adria Sarvianto (sequencer) yang membuat musiknya terasa semakin agresif.

“Proses penggarapan single ini dikerjakan dalam periode waktu yang cukup panjang, semenjak tahun 2019, karena para personilnya sendiri berada di beberapa kota berbeda,” Terang Stephanus Adjie.

Mengangkat tema yang sangat menarik, dari sisi visual nomor “Children Of Eden” juga cukup segar. Di lagu ini Down For Life mencoba menampilkan artwork dalam nuansa baru kepada para penggemar. Ilustrasi bergaya renaissance hasil kolaborasi seniman Jahlo Gomes dan Ardha Lepa hadir sebagai wajah utama dari “Children Of Eden”.

Sesuai dengan artwork yang ditampilkan, nomor “Children of Eden” juga  kemudian dikembangkan menjadi video musik animasi yang juga jauh berbeda dari visual Down For Life biasanya.  Untuk pengerjaannya sendiri Down For Life dibantu oleh Jahlo dan Ardha juga Reka dari Bandung, yang sebelumnya pernah bekerjasama dengan Revenge The Fate.

Selain merilis karya musik, Down For Life juga telah menyiapkan merchandise khusus bagi single “Children Of Eden”. Tiga lini digandeng sekaligus untuk mengurus program kampanye membantu anak-anak berkebutuhan khusus, ada Rown Division, Belukar League dan Blackandje Records. Hasil keuntungan dari penjualan merchandise ini akan disumbangkan kepada yayasan di kota Solo yang mengurusi hal-hal seputar kebutuhan anak-anak berkebutuhan khusus.

            Baca juga: Menghadapi Kelaziman Baru dengan Cadasnya Single Baru Down For Life

Dari sisi produksi rekaman, Down For Life merampungkan lagu ini di Darktones Studio milik Blackandje Records dan mempercayakan proses mixing serta mastering kepada Adria Sarvianto dan Hamzah Kusbianto.

Tak cukup sampai di sana, Down For Life juga memberikan bocoran bahwa di beberapa waktu yang akan datang mereka juga akan melepas beberapa single lagi sebagai rangkaian untuk album penuhnya yang akan datang. Siap siap Pasukan Babi Neraka (fanbase Down For Life)!

“Untuk rencana ke depannya, akan ada beberapa single lagi yang menjadi bagian dari album penuh yang akan datang. Ada juga kejutan-kejutan lain yang sudah kami siapkan di tahun 2022 ini,” tutup Adjie.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Down For Life

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading